MI Maluku Siapkan 10 Atlet ke Kejurnas – Ambon Ekspres
Olahraga

MI Maluku Siapkan 10 Atlet ke Kejurnas

Fenanlampir : Kami Tidak Punya Target

AMBON, AE.—Pengurus Provinsi Muaythai Indonesia (Pengprov MI) Maluku akan menseleksi atlet dari berbagai kabupaten dan kota untuk persiapan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Hotel Nam, Jakarta 2-10 Juni mendatang.

Ketua Pengprov MI Maluku, Albert Fenanlampir memaparkan, dalam waktu dekat akan dibuka seleksi untuk mencari atlet junior hingga senior.Sebab event berskala nasional tersebut akan mempertandingkan beberapa kelas.’’ Juni mendatang akan diputar Kejurnas Junior dan Liga Seri B Muaythai.Olehnya itu, perjaringan atlet harus dilakukan lebih awal,’’ ungkap Fenanlampir kepada Ambon Ekspres akhir pekan kemarin.

Rencananya, lanjut dia, tim seleksi akan  merekrut 8-10  atlet untuk tampil di kejurnas itu.’’ Atlet yang terpilih setelah ikut seleksi akan  memasuki tahap persiapan dengan menggelar latihan rutin di Karang Panjang Ambon,’’ katanya.’’ Mereka  akan diberi materi dan teknik oleh pelatih untuk persiapan di kejurnas nanti,’’ sambungnya.

Dijelaskan, kejurnas tahun ini bakal diikuti sebanyak 150 atlet muaythai dari 27 provinsi dan wadah ini digunakan untuk menjaring atlet yang nantinya akan membela Indonesia di kancah internasional.’’ Kejurnas ini merupakan bukti keseriusan PB MI untuk mengembangkan Muaythai di Indonesia,’’ jelasnya.

BACA JUGA:  MI Maluku Kirim 7 Petarung di Kejurnas

Mantan Sekum KONI Maluku ini melanjutkan, ada tiga kategori yang akan dipertandingkan, yakni amatir, amatir-profesional, dan profesional.Pada setiap kategori itu juga akan dipertandingan nomor junior, kadet, dan senior.’’

Selain menggelar kejurnas, PB MI juga akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan penataran nasional untuk pelatih serta eksebisi antar atlet Muaythai,’’ ujarnya.

Fenanlampir juga mengakui, atlet Maluku akan menghadapi lawan yang tidak mudah sehingga perlu persiapan yang lebih matang jika tetap ingin bersaing dan meraih hasil maksimal.’’ Kami akan terus fokus mempopulerkan olahraga ini ke masyarakat.Untuk itu, keterlibatan atlet di Kejurnas nanti diharapkan semakin membuat atlet termotivasi dalam menekuni olahraga asal Thailand tersebut,’’ katanya.

’’ Kami tidak tidak punya target, namun kami hanya berharap seluruh atlet yang akan turun bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya. Meski sulit namun kita tetap optimistis bisa meraih hasil maksimal,’’ ucapnya.
Khusus untuk penataran pelatih, imbuh Fenanlampir, MI Maluku akan mengirim sekitar enam orang.

BACA JUGA:  MI Maluku Kirim 7 Petarung di Kejurnas

Mereka akan mendapat wejangan dari tiga narasumber yaitu Mr. Pradit dari Thailand, Mr. Dr. Greg Wilson PhD dari Australia tentang peranan ilmu keolahragaan dalam upaya meningkatkan kekuatan Muaythai, dan Dr. Jahansa Lubis, Mpd dari Indonesia, berbicara tentang bagaimana menyusun program latihan.

’’ Yang jelas program seperti ini dimaksudkan untuk memberi peluang kepada para wasit, juri, dan pelatih baru untuk memiliki sertifikasi secara nasional,’’ pungkasnya. (ZAL)

Most Popular

To Top