Pembukaan MTQ Maluku Meriah – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pembukaan MTQ Maluku Meriah

Gubernur : MTQ Adalah Laboratorium Kerukunan Umat Beragama

Puncak acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVI tingkat Provinsi yang diselenggarakan di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Sabtu malam lalu (16/5) berlangsung meriah. Ribuan masyarakat menghadiri acara pembukaan. Berbagai pagelaran seni Islam dan daerah ditampilkan saat itu.

Para petinggi pemerintahan di daerah ini, mulai Gubernur Maluku Said Assagaff, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Kepala Kantor Agama Wilayah Maluku Fesal Musaad, para bupati/walikota se-Maluku, pimpinan SKPD Provinsi maupun kabupaten/kota, sejumlah anggota DPR/DPD RI, dan anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten SBB, para petinggi TNI/Polri di Maluku ikut menghadiri acara pembukaan yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati SBB, Desa Morekau.

Gubernur Maluku dalam sambutannya, mengaku bangga dengan kesiapan pihak panitia sehingga acara pembukaan berlangsung sukses.

“Apa yang telah dibuat Pemkab SBB (sebagai panitia) merupakan suatu nilai tambah yang mesti dijunjung tinggi, karena telah memperlihatkan begitu kentalnya toleransi kerukunan antar umat beragama di SBB,” ujar Gubernur saat itu.

MTQ kali ini, akui Gubernur, memiliki makna mendalam, dimana telah mewujudkan perdamaian sejati sebagai laboratorium kerukunan umat beragama, tidak hanya di Maluku dan Indonesia, tetapi juga dunia Internasional. “Saya sangat bahagia melihat hubungan pela gandong di Kabupaten SBB, yang mana membangun kebersamaan tanpa membedakan ras, suku, agama, dan lainnya,” ujarnya.

Karena itu, Gubernur sangat berharap kegiatan ini hingga acara penutupan nanti dapat berlangsung aman dan lancar. “Kepada para kafilah berlombalah dengan penuh sportifitas untuk dapat menelorkan prestasi yang gemilang, agar dapat bersuara di tingkat nasional,” tandas gubernur.

Sementara Bupati SBB Jacobus Puttileihalat, mengaku, sesuai dengan tema MTQ XXVI yakni “Aktualisasi Nilai-nilai Al Qur’an Dalam Mengembangkan Persaudaraan Sejati Menuju Masyarakat Maluku Yang Aman, Religius, Sejahtera, Demokratis, Dan Berkeadaban”, Pemkab SBB menjadikan MTQ ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan umat beragama, dimana Islam sebagai rahmatan lil alamin.

“Kami selaku tuan rumah, MTQ ini bukan hanya menjadi ajang umat muslim saja, tetapi semua umat beragama di Kabupaten SBB terlibat. Pelaksanaan MTQ dimaknai sebagai suatu moment sakral, untuk memperkuat tali silaturahmi,” ungkapnya.

Kepala Kantor Agama Provinsi Maluku Fesal Musaad mengaku, hendaknya MTQ dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk membangun persatuan dan kesatuan di Maluku terutama Kabupaten SBB.
“Kemeriahan MTQ tidak hanya dilihat dari keramaian, tetapi bagaimana meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Dan kita tahu bersama dari MTQ ini akan menghasilkan peserta untuk mewakili Maluku ditingkat nasional,” tandasnya.

Sementara Ketua LPTQ Provinsi Maluku Ismail Usemahu, mengapresiasi perhatian dan kerja keras Pemkab dan masyarakat SBB yang sudah mensukseskan MTQ XXVI ini.
“Kita harapkan, dewan hakim dan panitra bekerjalah dengan penuh kejujuran, sehingga MTQ ini tidak hanya sukses pada proses penyelenggaraannya saja, tetapi harus sukses dalam perlombaan,” ingatnya.

Muhammad Husni selaku Ketua Panitia MTQ Tingkat Provinsi Maluku, melaporkan, ada 11 kafilah yang ikut dalam MTQ Provinsi Maluku yang merupakan perwakilan dari 11 kabupaten/kota di Maluku dengan jumlah peserta sebanyak 440 orang, ditambah 926 tamu undangan. Para peserta akan mengikuti tujuh mata lomba yakni Tilawah, Hifsil, Tafsir Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Qira’a Saba, dan M2QI. (CR1)

Most Popular

To Top