SMK Pamahanu Nusa Tampilkan Budaya Maluku di Pentas Nasional – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

SMK Pamahanu Nusa Tampilkan Budaya Maluku di Pentas Nasional

Masohi, AE.—Siswa siswi asal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pamahanu Nusa Masohi, sukses melaksanakan perannya dengan  mempromosikan  budaya Maluku dan Pulau Seram di Pentas Nasional di Jakarta, Sabtu, (16/5).

Tarian Hasurete, Cakelele dan Makumaku ditampilkan  dengan sempurna pada  kegiatan pentas budaya Indonesia yang disiarkan langsung  salah satu stasiun TV Nasional saat itu.

“Puji Syukur, siswa – siswa kita sudah  dapat tampil di pentas nasional untuk mempromosikan budaya Maluku dan Pulau Seram. Kegiatan ini sangat positif karena  dapat mempromosikan secara luas budaya Maluku  dan Pulau seram. Kegiatan ini disiarkan,”  ungkap Kepala sekolah SMK Pamahanu Nusa, Frans Ade Latuny.

Promosi Adat dan Budaya oleh siswa SMK Pamahanu Nusa di pentas nasional terbilang baru. Namun, berbagai upaya promosi budaya oleh siswa SMK  berbasis Pariwisata dan perhotelan ini sudah sering dilakukan. Faktanya, sejumlah wisatawan asing  dalam rangkaian tour ke Pulau Seram  selalu menyambangi sekolah ini untuk melihat langsung pagelaran seni dan budaya Pulau Seram dan Maluku.

“Promosi budaya Maluku dan Pulau Seram merupakan komitmen kita (SMK Pamahanu Nusa).  Upaya ini  terus kita lakukan baik secara langsung saat tour wisatawan ke Pulau Seram maupun dalam rangkaian-rangkaian kegiatan berbasis adat dan budaya,” ungkap Latuny.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua menangngapi positif semua usaha mempromosikan budaya Maluku  terkhusus pulau Seram.  Apa yang dilakukan SMK Pamahanu dalam kegiatan pementasan budaya  Sabtu, lalau, telah meniupkan angin segar bagi bangkitnya seni budaya dan sejarah daerah  yang mulai  terlupakan dewasa ini. “Pariwisata adalah potensi unggulan daerah dan seyogyanya menjadi andalan bagi peningkatan PAD.

Saatnya promosi budaya dan Pariwisata Malteng didorong secara optimal. SMK Pamahanu Nusa telah menunjukan partisipasi dan konsistensinya dalam bentuk promosi  kebudayaan lewat kreatifitas siswanya,” tandas bupati.
Diharapkan,  apa yang telah dimulai oleh SMK Pamahanu Nusa dapat dimaknai positif dari segi pengetahuan dan study kepustakaan bagi generasi penerus bangsa di daerah ini.

Selanjutnya, langkah ini bisa menyulut  komtimen bersama seluruh  elemen di bumi Pamahanu Nusa untuk lebih menggiatkan upaya promosi pariwisata, adat dan budaya  Pulau Seram dan Kabupaten Maluku Tengah secara Umum. “Pementasan budaya seperti ini merupakan upaya integral membudayakan mensosialisasikan penggunaan bahasa daerah, adat dan budaya Maluku Tengah  kepada dunia. Kegiatan seperti ini harus lebih giat dilakukan,” saran bupati. (MYX)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!