Tak Cuma Wanita, Pria Juga Harus Tes Osteoporosis – Ambon Ekspres
Kesehatan

Tak Cuma Wanita, Pria Juga Harus Tes Osteoporosis

Selama ini risiko penyakit maupun tes yang berhubungan dengan osteoporosis lebih sering dikaitkan dengan wanita. Tak heran kaum pria pun lantas mengabaikannya. Namun kini sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa pria pun sebaiknya juga tetap melakukan tes ini lho.

Studi yang dilakukan oleh North Shore-Long Island Jewish Health System ini menemukan bahwa meskipun osteoporosis lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria, namun konsekuensi dari penyakit ini justru lebih buruk jika dialami oleh pria. Oleh sebab itu, pria sebaiknya tak mengabaikan pemeriksaan penyakit ini.

Dalam temuan yang telah dipresentasikan pada pertemuan American Geriatrics Society tersebut, peneliti mengamati 146 orang dewasa di New York dan Florida. Ditemukan bahwa meskipun pengidapnya lebih sedikit, namun pria lebih mungkin untuk mengalami konsekuensi serius, termasuk kematian, dari penyakit ini.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jika sebagian besar wanita mau melakukan skrining osteoporosis jika ditawarkan, hanya kurang dari 25 persen pria yang mau melakukannya. Selain itu, wanita juga empat kali lebih mungkin mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap osteoporosis seperti mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D, jika dibandingkan dengan pria.

“Kami terkejut melihat seberapa besar perbedaan kondisi osteoporosis antara pria dan wanita,” ungkap ketua tim peneliti, Irina Dashkova, MD, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Minggu (17/5/2015).

Oleh sebab itu, Dashkova dan rekannya menganjurkan bukan cuma wanita yang patut melakukan langkah pencegahan osteoporosis seperti mengonsumsi kalsium dan vitamin D, serta skrining rutin. Ada baiknya jika pria pun mulai peduli dan mau melakukan hal ini untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.(ajg/up)

Most Popular

To Top