Tingkat Kelulusan SMA di Buru capai 100 Persen – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Tingkat Kelulusan SMA di Buru capai 100 Persen

Setelah kurang lebih satu bulan menanti hasil kelulusan Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat, Jumat pekan lalu (15/5) diumumkan. Dan hasil UN tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Buru mencapai 100 persen.

Walau hasilnya lulus seratus persen, pengumuman hasil UN yang dilakukan di masing-masing sekolah tetap mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.
Pihak kepolisian dari Polres Pulau Buru sudah melakukan pengamanan sejak pukul 14.00 WIT. Seluruh sudut kota dan halaman-halaman sekolah sudah ditempatkan personil kepolisian untuk melakukan pengamanan.

Kendati begitu, ratusan siswa sudah tampak terlihat mondar-mandir di dalam Kota Namlea sejak siang atau usai shalat Jumat dengan mengenakan seragam yang sudah dicoret dengan berbagai warna tinta.

Pengumuman hasil UN baru dilakukan sekira pukul 16.00 WIT, namun di Kota Namlea, terlihat kerumuman siswa di sekolah maupun di luar halaman sejak pukul 14.00 WIT. Para siswa seakan tak sabar menanti detik-detik menegangkan itu.

Di SMA Negeri 1 Namlea, misalnya, pengumuman kelulusan mencapai 100 persen dilakukan pada pukul 16.00 WIT. Sebanyak 220 siswa peserta UN yang mengetahui angka kelulusan 100 persen langsung bersorak, dan ada yang berhamburan di halaman sekolah hingga di jalan depan sekolah mereka.

Tidak berbeda dengan jauh dengan suasana di SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Namlea juga terlihat hiruk pikuk 360 siswa yang mengetahui angka kelulusan mereka mencapai 100 persen.
Begitu juga suasana gembiran terlihat di SMK dan MA Namlea yang juga angka kelulusan siswa mereka mencapai 100 persen dengan jumlah siswa kurang lebih 115 orang.

Sementara pemandangan coret-coret baju tidak terhindarkan di Kota Namlea. Ratusan siswa mengekspresikan kegembiraan atas kelulusan mereka dengan melakukan coret-coret baju. Aksi mereka mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

Kepala Bidang Pengajaran, Dinas Pendidikan Kabupaten Buru, Ibrahim Soekonora mengaku, kelulusan di Kabupaten Buru mencapai 100 persen. Namun ada sebagian siswa yang harus mengulang UN karena nilainya tidak mencukupi.

Lanjutnya, penentuan kelulusan ditentukan oleh hasil Ujian Sekolah dan 100 persen siswa peserta ujian lulus dalam ujian sekolah. Sementara untuk Ujian Nasional, ada beberapa siswa di Kabupaten Buru dinyatakan harus melakukan pengulangan karena nilai UN tidak mencukupi standar nasional. (CR8)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!