Jaksa Segera Eksekusi Dua Kontraktor Proyek Taman Kota – Ambon Ekspres
Metro Manise

Jaksa Segera Eksekusi Dua Kontraktor Proyek Taman Kota

AMBON, AE— Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku memastikan dalam waktu dekat akan mengeksekusi dua kontraktor terpidana korupsi proyek taman Kota Ambon. Dua kontraktor yang dipastikan dalam waktu dekat akan dieksekusi yaitu Edmon Saiya dan Hendrik Matahurilla. Demikian disampaikan Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Bobby Palapia kepada koran ini, kemarin.

Dikatakan, kedua terpidana itu akan dieksekusi ke Lapas Klas II A Ambon. ‘’Dalam waktu dekat jaksa akan mengeksekusi dua terpidana kasus taman kota Ambon ke Lapas Klas IIA,“ katanya.

Eksekusi terhadap Edmon Saiya dan Hendrik Matahurilla akan dilakukan, mengingat keduanya tidak menempuh jalur hukum terkait putusan majelis hakim. Yang mana, keduanya telah divonis satu tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Ambon pada 20 Maret lalu. Selain dihukum penjara, kata Palapia, Edmon dan Hendrik juga divonis membayar denda Rp 50 juta subsider dua bulan kurungan.

“Karena hingga batas waktu yang telah diberikan hakim kepada keduanya untuk menempuh jalur hukum terkait putusan satu tahun, namun tidak ada langkah apapun, maka putusan majelis Hakim PN sudah memiliki kekuatan hukum. Sehingga akan dilakukan eksekusi,“ jelasnya.

Untuk diketahui, dalam kasus ini, ada tujuh terdakwa yang dihukum satu tahun. Lima diataranya yakni pejabat di Pemkot Ambon. Mereka diantaranya Kepala Inspektorat, Jacky Talahatu, Kadis Kebersihan dan Pertamanan, Morits Robert Lantu, Pejabat Pembuat Komtimen (PPK), Daniel Souhoka, staf Inspektorat Audy Tuahattu dan Agustinus Pattileamonia.

Jecky Talahatu, Audy Tuahattu dan Agustinus Pattileamonia sementara menjalani masa hukuman karena sudah dieksekusi ke lapas. Sementara Kadis Kebersihan, Morits Lantu dan PPK Daniel Souhoka masih menempuh jalur hukum banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Maluku atas putusan majelis hakim. Sementara dua kontraktor, akan dieksekusi dalam waktu dekat.(AFI)

Most Popular

To Top