Duta Museum, Pemacu Bagi Generasi Muda – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Duta Museum, Pemacu Bagi Generasi Muda

MUSEUM sebagai media yang universal untuk pelestarian warisan budaya, wahana pembelajaran masyarakat, serta objek wisata yang edukatif, perlu didorong agar menjadi dinamis serta dapat melayani masyarakat dengan memadai.

Mengenal serta mempromosikan akan peninggalan bersejarah yang ada di setiap museum, tentu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan adanya Duta Museum yang menjadi Spoker Person Museum Daerah sebagai media atau wahana pembelajaran masyarakat.

Menurut Jean Saiya, Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku, dengan adanya Duta Museum langsung dari kalangan muda di masing-masing daerah, dapat memacu kalangan generasi muda lebih aktif menjadi generasi yang cinta museum. Dan diharapkan mampu mendukung dutanya yang berasal dari kalangannya.

“Terakhir Provinsi Maluku mengikuti pemilihan Duta Museum di tahun 2012 secara nasional. Pemerintah juga tentunya berupaya agar kegiatan ini bukan hanya dilakukan secara nasional, namun perlu juga dilakukan di daerah masing-masing,”katanya kepada Ambon Ekspres di ruang kerjanya, Selasa(19/5).

Dikatakan, perlu partisipasi dari semua pihak mulai dari lembaga, pemerhati dan pencinta museum serta media untuk bisa turut membantu upaya mempromosikan museum.

“Mendapat dukungan dari masyarakat juga perlu. Dan yang terutama, partisipasi dari kalangan muda untuk bagaiman bisa mencintai sejarah-sejarah yang ada di daerah mereka.  Salah satunya, dengan adanya duta museum di Maluku, bisa berperan aktif untuk mempromosikan kepada masyarakat tentang cinta museum akan lebih baik lagi,”tuturnya.

Selain itu juga, menjadi Duta Museum Daerah tentunya mampu meningkatkan kesadaran masyarakat Maluku akan pentingnya sebuah museum, serta mampu membangun pencitraan Museum di Maluku. (IWU)

Most Popular

To Top