Gubernur-Rektor UT Resmi Teken MoU – Ambon Ekspres
Trending

Gubernur-Rektor UT Resmi Teken MoU

AMBON, AE— Para Guru di Maluku bisa berlega diri. Selasa (19/5) kemarin, Gubernur Maluku Said Asagaff akhirnya menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) dengan Rektor Universitas Terbuka (UT) terkait program afirmasi guru-guru di Maluku yang bakal mengikuti perkuliahan di UT.

Jadi (kemarin), pak Gubernur dan Rektor UT sudah menandatangani MoU untuk program afirmasi. Ini merupakan kelanjutan usulan Pemda Maluku kepada Mendikbud agar Guru-guru yang belum menyandang sarjana srata satu (S1) deadlock 2015, dapat mengikuti perkuliahan di UT,” tandas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, M Saleh Thio yang dihubungi, kemarin, usai mengikuti penandatanganan MoU. Selain Gubernur Maluku dan Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, acara ini diikuti Kadisdiknas dan Para Pembantu Rektor  dilingkup UT.

Dijelaskan, dengan penandatanganan ini perkuliahan para guru yang belum menyandang gelar S1 ini sudah bisa diikuti para guru di Maluku pada Agustus 2015 ini. ‘’Tahun 2015 ini mereka sudah bisa mengikuti perkuliahan di UT,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, ribuan guru di Maluku yang belum menyandang S1 bakal diberi deadline sampai akhir 2015 untuk mendapatkan gelar sarjana. Bila tidak, mereka terancam tidak bisa mengajar.

Terhadap kondisi ini, Dinas Dikbud dan Gubernur Maluku kemudian menghadap Mendiknas Anes Baswedan untuk membicarakan nasib guru-guru ini. Pembicaraan ini dilakukan setelah Mendiknas meluncurkan Program GMGM di Maluku yang mendapat apresiasi dari Mendiknas. Bak gayung bersambut, usulan ini kemudian diterima Mendiknas. Bahkan, Kemendiknas bersedia mengalokasikan dana untuk membiayai para guru di Maluku.

‘’Jadi kita harus bersyukur atas respons pemerintah pusat mau mengalokasikan dana bagi Maluku atas nasib guru-guru kita. Bahkan, Maluku ini menjadi pilot project program yang sama di Indonesia,” tandasnya.

Atas perolehan ini, Kadis Dikbud Maluku, M Saleh Thio berharap para guru yang mengikuti program afirmasi ini dapat memanfaatkan peluang emas ini dengan baik. ‘’Saya ajak para guru untuk memanfaatkan peluang emas ini dengan baik dan diharapkan akan memajukan pendidikan di Maluku,” pungkasnya. (ERM)

Most Popular

To Top