Pemkab Gencar Tertibkan Bangunan Tanpa IMB – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pemkab Gencar Tertibkan Bangunan Tanpa IMB

Pemerintah Kabupaten Buru dalam hal ini Dinas Tata Kota Kabupaten Buru kembali gencar melakukan penertiban Ijin Membangun Bangunan (IMB). Bangunan rumah atau pertokoan yang dibangun tanpa ada IMB langsung disegel atau dilarang melakukan kegiatan pembangunan.

Hal ini dilakukan menyusul masih banyaknya warga atau pelaku usaha kecil yang membangun tanpa ada IMB. “Masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya IMB dalam membangun bangunan,” ujar Kepala Dinas Tata Kota Kabupaten Buru, Ilyas Hamid, kemarin.

Padahal, kata dia, sudah beberapa kali melakukan penertiban IMB sesuai perintah Bupati Buru Ramly Umasugi. Penertiban bukan hanya berdasarkan laporan melainkan berdasarkan hasil pantauan di lapangan. “Banyak pembangunan baik rumah, toko dan lain-lain namun tidak memiliki IMB,” akuinya.

Untuk itu, Dinas Tata Kota melakukan penertiban dengan mendatangi semua bangunan dan menanyakan perihal IMB. Jika tidak ada, maka pekerjaan bangunan dihentikan dan boleh dilanjutkan setelah ada IMB dari instansi terkait.

Ia mengaku, pihaknya sejauh ini sudah menempuh langkah tegas dan bukan hanya kepada masyarakat biasa, tapi juga kepada 200 warga yang berstatus PNS. “Mereka (PNS) yang membangun tidak mengantongi IMB ditindak tegas yakni memotong gaji mereka tiap bulannya untuk menyelesaikan beban IMB,” terangnya.

Dampak positif dari kebijakan ini, akui dia, banyak masyarakat yang sudah mulai sadar dan perlahan-lahan melakukan pengurusan IMB dalam setiap membangun rumah maupun bangunan lainnya.

Disinggung mengenai ketidaktahuan masyarakat terkait proses pengurusan IMB, Ilyas mengaku, pihaknya sudah berulangkali melakukan sosialisasi. Bahkan dari pihak Kantor Pengurusan Terpadu (KPT) sudah mensosialisasikan terkait persyaratan atau hal lainnya yang menyangkut perijinan baik melalui website maupun sosialisasi secara langsung.

Namun begitu, pihaknya akan terus melakukan penertiban sampai masyarakat benar-benar menyadari pentingnya pengurusan IMB dalam kegiatan membangun bangunan. (CR8)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!