Rumatoras Gagal Ikut Jejak BG – Ambon Ekspres
Trending

Rumatoras Gagal Ikut Jejak BG

AMBON,AE— Langkah hukum bos PT Nusa Ina, Jusuf Rumatoras untuk mengikuti jejak keberhasil Komjen Budi Gunawan dan Andi Arief Sirajudin dalam gugatan status tersangka, gagal. Kini tim penasehat hukumnya menyiapkan langkah hukum lain.Sidang gugatan praperadilan yang diajukan oleh tim penasehat hukum Yusuf Rumatoras, Daniel Nirahua cs, kemarin, ditolak hakim Pengadilan Negeri (PN) Ambon.

Sidang dipimpin hakim tunggal, Jimmy Wally. Dalam putusannya, dia menolak sebagian gugatan praperadilan yang diajukan oleh pemohon.

Menurut hakim dalam pertimbangannya, penetapan Yusuf Rumatoras sebagai tersangka oleh penyidik Kejati Maluku, telah memenuhi pasal 1poin 14 KUHP. Rumatoras ditetapkan sebagai tersangka, karena telah memenuhi unsur dalam pasal 55 ayat (1).
Sementara poin gugatan yang diterima oleh oleh hakim yakni, Pengadilan berwenang memeriksa dan mengadili perkara praperadilan Rumatoras itu.

Penasehat hukum Rumatoras, Daniel Nirahua, mengatakan, menghormati apa yang telah diputuskan oleh hakim. “Upaya hukum akan dilakukan. Kami akan mengajukan upaya hukum kasasi, terhadap putusan praperadilan pada hari ini,“ tegasnya.

Selain Kasasi, Nirahua juga sementara memikirkan upaya hukum lain. Yakni, menggugat Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku atas perbuatan melawan hukum. Karena, proses penyitaan dan juga alat-alat bukti berupa surat yang menyangkut dengan kepemilikan, seharusnya menjadi substansi perkara perdata.

“Kami sementara memikirkan untuk mengambil langkah hukum untuk menggugat kejaksaan terkait proses penyitaan berupa bukti surat kepemilikan. Karena akibat dari proses penyitaan maupun pemblokiran kepengurusan IMB yang dilakukan oleh jaksa, mengakibatkan klien kami, mengalami kerugian secara perdata,” tandasnya. (AFI)

Most Popular

To Top