Selain Sehat, Anak-anak yang Aktif Bergerak Juga Akan Baik Akademisnya – Ambon Ekspres
Kesehatan

Selain Sehat, Anak-anak yang Aktif Bergerak Juga Akan Baik Akademisnya

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) oleh Kementerian Kesehatan tahun 2013 sekitar 67 persen anak-anak dan 52 persen remaja muda tergolong memiliki gaya hidup tak aktif. Hal ini jika dibiarkan dapat memengaruhi kesehatan bangsa nantinya.

Secara klinis dalam jangka panjang gaya hidup tak aktif atau sedentari berkaitan erat dengan penyakit tak menular seperti obesitas, hipertensi, dan gangguan jantung. Kondisi tersebut dapat menyerang bahkan pada mereka yang masih muda.

“Orang tua kebanyakan melarang anaknya untuk aktif bergerak karena takut nanti kecapaian. Padahal anak yang aktif prestasi akademiknya menurut penelitian lebih baik,” kata dr Andi Kurniawan, SpKO, tim ahli Indonesia SeGar yang mempromosikan hidup aktif bergerak ketika ditemui di Penang Bistro, Jakarta Pusat, Selasa (19/5/2015).
Lewat olahraga pertumbuhan sel saraf otak dikatakan oleh dr Andi dapat terangsang. Aliran darah menjadi lebih lancar sehingga oksigen dan nutrisi yang diantarkan ke otak semakin banyak.

Hasilnya anak akan jadi lebih mudah konsentrasi dan menangkap pelajaran dengan lebih mudah.
Aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk anak dan remaja adalah 150 menit seminggu. Namun dr Andi menyayangkan saat ini anak-anak mungkin hanya aktif beberapa menit saja dalam seminggu yaitu pada pelajaran jasmani di sekolah

“Ini yang menjadi latar belakang kita untuk mempromosikan aktivitas fisik pada remaja. Remaja kita banyak menghabiskan waktu di gadget,” ujar dr Andi.
“Di sekolah guru-guru bisa menghabiskan dua sampai lima menit melakukan ice breaking. Ajak murid kalau sudah kelihatan lemas dan bosan gitu untuk melakukan pemanasan,”pungkasnya.(fds/vit)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!