SPM Pendidikan Dasar Mendapat Perhatian Bupati – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

SPM Pendidikan Dasar Mendapat Perhatian Bupati

Bupati Buru Ramly Umasugi mendukung penuh program Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar. Senin lalu (18/5), Bupati menerima tim teknis, fasilitator, dan DAT Program SPM Regional III Maluku di Pandopo Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati berharap SPM dapat membantu meningkatkan kwalitas dan mutu pendidikan di kabupaten berjuluk Bupolo itu. Saat itu sempat terjadi pembicaraan panjang antara Bupati dengan tim.
Tm Teknis SPM Regional III Maluku, Suharto usai pertemuan dengan Bupati mengaku, Bupati sangat menaruh perhatian penuh untuk SPM Pendidikan Dasar dapat dilaksanakan secara maksimal.

Pada kesempatan, kata dia, Tim SPM menyampaikan agenda kegiatan SPM Pendidikan Dasar di Kabupaten Buru baik yang sudah dilakukan maupun belum diantaranya, sosialisasi tingkat kabupaten dan sosialisasi tingkat kecamatan yang masih berjalan.

Pada pertemuan itu juga, sambungnya, dibicarakan posisi setiap indikator yang ada dalam Status Quo Assesment (SQA), dimana dari data yang ada menunjukkan bahwa posisi Kabupaten Buru dari 6 kabupaten yang ada dalam program SPM sudah lebih baik.

Ada tujuh poin  yang akan dijadikan sebagai salah satu acuan untuk menyukseskan program SPM Pendidikan Dasar yakni, mendukung sepenuhnya proses pelaksanaan SPM Pendidikan Dasar di seluruh kecamatan. Akan memfasilitasi sesuai dengan kewenangan dan kemampuan yang dimiliki agar ada ketuntasan dalam pemenuhan SPM Pendidikan Dasar di seluruh kecamatan.

Selanjutnya, sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Buru akan mengusulkan dan mengalokasikan anggaran untuk kegiatan ditingkat kecamatan maupun kelurahan dan desa. Sebagai perangkat kelurahan dan desa akan memasukkan ketuntasan dalam pemenuhan Standar Pelayanan Minimal  Pendidikan Dasar dalam Anggaran Dana Desa (ADD).

Sebagai bahagian dari pemangku kepentingan tingkat kecamatan, lanjutnya, pemerintah kabupaten akan memberikan sumbangsih baik materi maupun non materi demi tercapainya ketuntasan dalam pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan dasar.

“Kami (Tim SPM) akan pro aktif dalam bekerjasama dengan pihak sekolah / madrasah terutama dalam melakukan koordinasi dan pembinaan agar tercipta suasana sekolah / madrasah yang  sebagaimana diharapkan seluruh kecamatan, dan kami akan bersinergi dengan pemangku kepentingan tingkat pusat, propinsi, serta kabupaten demi tercapainya pendidikan yang lebih baik di seluruh kecamatan oleh seluruh stakeholder yang ada pada program SPM,” jelasnya.

Terkait tujuh poin itu, Bupati Buru mengaku, Pemkab Buru akan  menindaklanjutinya dengan instansi terkait. “Kami akan mempelajari point-point tersebut kemudian kita bicarakan lebih lanjut,” terang Bupati saat pertemuan itu. (CR8)

Most Popular

To Top