Wakil Rakyat Manfaatkan Reses Plesiran ke Jakarta – Ambon Ekspres
Politik

Wakil Rakyat Manfaatkan Reses Plesiran ke Jakarta

Warga Siwang-Seri Apresiasi Kunjungan Gasperz

AMBON,AE— Masa reses atau jaring aspirasi anggota DPRD Maluku, bukanya menemui masyarakat atau konstituenya untuk menyerap persoalan yang dihadapi di tengah masyarakat, mereka justeru menghindar. Para wakil rakyat justeru lebih memilih berlibur atau urusan lain di Jakarta.

Informasi yang diperoleh Ambon Ekspres menyebutkan, hampir sebagian besar anggota DPRD Maluku memilih plesiran ke Jakarta saat masa reses ketimbang menemui konstituen. Kebanyakan para politisi lebih memilih shooping (belanja) atau liburan, masa jabatanya lebih dari satu periode. Sementara sebagian kecil wakil rakyat yang kembali terpilih pada Pileg 2014 lalu lebih memilih menemui konstituenya. ”Jadi yang selama ini reses hanya anggota dewan baru. Mungkin mereka lagi mencari performa. Jadi memang banyak anggota dewan yang lama kebanyakan  sementara berangkat di Jakarta,” kata sumber Ambon Ekspres, kemarin.

Lantas, anggota dewan yang tidak melakukan reses sistim pertanggungjawaban penggunaan anggaran, dia enggan berkomentar. ”Saya kira anggota dewan yang lama pasti mengetahui itu. tapi, wakil rakyat yang tidak memanfaatkan reses dan memilih plesiran ke Jakara atau kota besar lainya sudah membudaya,” sebutnya.

Sekedar tahu, setiap tahun 45 anggota DPRD Maluku mendapat jatah tiga kali reses. Setiap reses masing-masing anggota dewan di danai untuk menemui konstituen. Besaran nilai dana reses untuk tiap wakil rakyat berfariasi. Kalau daerah pemilihan Kota Ambon, nilainya lebih kecil dari wakil rakyat asal MBD-MTB, atau Malra, Aru, Tual, dan SBT atau Buru.”Jadi setiap masa reses dana yang dikucurkan ditaksir miliaran rupiah,” bebernya.

Warga Dusun Siwang, Desa Urimesing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Andi Samalelaway mengaku, selama ini belum pernah ada anggota dewan dari Kota Ambon maupun Maluku ke daerahnya.”Baru pertama kali dewan berkunjung di dusun kami. Padahal, pak Gasperz baru 8 menjabat setelah dilantik sudah berkunjung di dusun kami. Ada anggota yang belum pernah menemui masyarakat. Bahkan, ada yang mau pemilu baru dekati masyarakat. Kita harus komitmen memilih wakil rakyat yang peduli terhadap konstituenya,”kata Andi saat warga Dusun Siwang bertatap muka dengan anggota DPRD Maluku, Robi Gasperz untuk menjaring aspirasi, Senin (18/5).

Apresiasi yang sama juga disampaikan F Tuhumury. Warga Dusun Seri, Desa Urimesing, Kecamatan Nusaniwe itu mengaku, selama ini tidak pernah ada anggota dewan berkunjung ke wilayahnya.”Jadi reses pak Gasperz kami sangat apresiasi. Saatnya kita mesti komitmen untuk anak negeri.  Anak negeri itu tentu sudah tahu persoalan yang ada di tengah masyarakat. Jadi kita belum menyampaikan aspirasi sudah di perjuangkan. Jadi mari kita bangun komitmen dari sekarang,”terangnya.(ISL/JOS)

Most Popular

To Top