Jelang Pilkada Orno di Demo – Ambon Ekspres
Trending

Jelang Pilkada Orno di Demo

AMBON,AE— Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Masyarakat Maluku Barat Daya Ambon (FPM MBD Ambon), mendesak Kejati Maluku  mengungkap berbagai dugaan pelanggaran yang dilakukan Bupati MBD, Barnabas Orno.

Aksi demo di depan kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku ini, diketua oleh Fredy Ulemlem. Ulemlem dalam orasinya meminta agar Kejati Maluku memeriksa Bupati MBD, Barnabas Orno terkait dugaan gratifikasi dana bantuan Rp 8 miliar dari PT Robust Recources Ltd.

“Kami mendesak Kejati Maluku segera memeriksa Bupati MBD, Barnabas Orno terkait dugaan gratifikasi dana bantuan Rp 8 miliar dari PT Robust Recources Ltd, “katanya.

Dana Rp 8 miliar, merupakan dana hibah yang diberikan kepada Pemkab MDB, untuk kepentingan masyarakat. Namun kenyatannya, dana itu tidak digunakan untuk kepentingan publik. “Dana hibah tersebut, awalnya diperuntukan untuk kepentingan masyarakat di lokasi pertambangan. Tetapi dialihkan ke pekerjaan pematangan lahan. Ternyata tidak jelas juga prosesnya, “terangnya.

Sementara, sekretaris FPM MBD Ambon, Izack Knyairlay mengatakan, Disamping dana Hibah, Orno juga diduga menyalahgunakan wewenangnya dalam rasionalisasi APBD MBD tahun 2011. Rasionalisasi yang dimaksud yakni peraturan Bupati MBD (Perbub) yang merubah APBD MBD.

Selain dua kasus itu, lanjutnya, ada juga kasus korupsi lain, yang diduga menjerat orang nomor satu di MBD itu.  Perwakilan pendemo diterima oleh Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Bobby Palapia di ruang kerjanya. Setelah mendengar aspirasi pendemo, Palapia mengatakan, pihaknya menerima apa yang disuarakan oleh FPM MBD Ambon.

“Apa yang telah disampaikan oleh kawan-kawan, kami tarima dan pasti diproses, “ katanya.

Selanjutnya, kejaksaan akan berkoordinasi dengan pimpinan, untuk bagaimana mengambil langkah selanjutnya terkait pengaduan itu. Untuk itu, Palapia meminta agar perwakilan pendemo untuk tetap mengawal kasus ini. (AFI)

Most Popular

To Top