Kadisdik SBB ‘’Curhat’’ soal Pendidikan – Ambon Ekspres
Pendidikan

Kadisdik SBB ‘’Curhat’’ soal Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Dra. B. D. Puttileihalat menegaskan, berbagai prestasi yang diraih siswa di kabupaten di Maluku, harus diberikan apresiasi. Dia menunjuk bila ada perlombaan yang dimenangkan sebuah kabupaten/ kota diluar Kota Ambon, namun untuk mewakiliki Maluku, biasanya Kota Ambon yang diprioritaskan.

‘’Setiap prestasi yang baik ini juga harus mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, sebagai orangtua dari kabupaten/kota yang ada di Maluku. Artinya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi harus turut mendukung generasi muda yang ada di Maluku terutama para pelajar. Sekiranya ada lomba-lomba menuju tingkat nasional, proses penilaiannya mesti jujur dan transparan.

Tidak boleh ada keistimewaan yang diperlihatkan, karena semua adalah sama ingin membawa nama Maluku ditingkat nasional,’’ katanya kepada koran ini.

“Jangan hanya terindikasi Kota Ambon saja yang bias. Padahal kalau mau jujur kabupaten/kota lainnya juga memiliki kemampuan yang sama bahkan bisa lebih. Akibat dari tindakan pilih kasih itu, maka banyak kabupaten/kota lainnya sangat merasa tidak perlu untuk mengirim peserta untuk berlomba ditingkat provinsi, sebab nanti hasilnya walaupun anak-anak dari kabupaten/kota lain bisa, tetapi tetap saja Kota Ambon yang diunggulkan,” kritiknya.
Dirinya menegaskan, cara-cara seperti itu sudah harus dikuburkan dan haruslah melihat yang terbaik untuk perkembangan Maluku kedepan. ‘’Baiknya hal ini diperbaiki saat ini, apalagi ini bidang pendidikan,’’ tuntasnya.

Sementara itu, Puttileihalat juga menegaskan, untuk tahun 2015 ini, animo para siswa lulusan SMA di Kabupaten SBB untuk masuk Perguruan Tinggi sangat tinggi. “Sebelum mendengar hasil kelulusan mereka, para siswa telah mencoba mengikuti tes masuk perguruan tinggi melalui sistem online pada beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia,”ujarnya.

Dari data yang ada masuk, ratusan siswa dari SMA Negeri 1 Piru telah mengikuti tes masuk perguruan tinggi. “Ini suatu hal yang boleh kami katakan sangat baik dengan prestasi anak didik di SMA Negeri 1 Piru. Kami berharap SMA lainnya juga berlaku sama sehingga keinginan para siswa melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi dapat berjalan sesuai  apa yang para siswa cita-citakan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, tahun lalu proses masuk perguruan tinggi untuk Kabupaten SBB hanya ada dua pangkalan, namun tahun ini semua pangkalan melaksanakannya, hingga siswa dapat mengetahui hasilnya dengan cepat, apakah mereka itu lolos masuk perguruan tinggi atau tidak.

Dikatakan, dengan semakin baik animo anak-anak SBB untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, menunjukan bahwa pendidikan di SBB semakin maju dan tidak ketinggalan dengan kabupaten lain di Maluku.

“Ini suatu prestasi yang mesti kami banggakan, dan kami berharap anak didik di SBB dapat terus belajar untuk bisa mendapatkan apa yang diharapkan dikemudian hari,” harapnya. (PRO1)

Most Popular

To Top