Pekan Membaca Disambut Meriah – Ambon Ekspres
GMGM

Pekan Membaca Disambut Meriah

AMBON, AE- Pekan Gerakan Indonesia Membaca dan Menulis se-Kota Ambon dan Maluku Tengah yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Maluku telah memasuki hari ketiga penyelenggaraan. Setelah dua hari sebelumnya sukses diadakan di SMA Negeri 1 Ambon, pusat kegiatan kemudia dipindahan ke SMA Negeri 5 Ambon di Lateri.

Total ada 4 kegiatan yang dilaksanakan secara bersamaan yaitu workshop Penulisan Teks yang melibatkan guru-guru Bahasa Indonesia dari SMA di Kota Ambon, workshop Penulisan Cerpen untuk siswa, serta Lomba Membaca Puisi dan Lomba Baca Berita Televisi khusus untuk siswa sekolah penyelenggara.

Ketua Panitia Kegiatan Erniati, S.S mengungkapkan, antusias sekolah, guru maupun siswa terhadap kegiatan ini sangat baik. “Respon sekolah positif sekali karena menurut mereka kegiatan ini memberikan kontribusi besar buat guru, siswa maupun pihak sekolah secara keseluruhan. Ini sudah sekolah kedua dan pelayanan yang diberikan sekolah cukup baik. Kegiatan kita sangat meriah,” terangnya.

Menurut Erniati, lomba-lomba yang diadakan memang bertujuan mengangkat geliat sastra di sekolah. “Ini kesempatan siswa berekspresi. Lomba Baca Berita itu baru pertama kali diadakan di sekolah tapi tanggapannya luar biasa. Siswa mengapresiasinya dengan antusias. Tiap peserta membawa suporternya masing-masing dari kelas,” tambahnya.

Khusus untuk kegiatan Workshop Penulisan Teks, target jumlah peserta sebanyak 50 guru di tiap lokasi penyelenggaraan, namun belum terpenuhi. ‘’Ini karena anggapan para guru Bahasa Indonesia yang kurang menganggap penting PenulisanTeks.

Ada saja guru yang tidak begitu antusias dan berpikir teks itu sesuatu yang biasa. Tapi syukurlah setelah dua hari mengikuti pelatihan, mereka malah jadi ketagihan, ini karena materinya memang bagus dan pembicaranya sangat menginspirasi,’’ katanya.

Humas Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Arie Rumihin, S.I.Kom, berharap akan ada peningkatan jumlah peserta guru di sekolah selanjutnya. “Penulisan Teks itu luas, meliputi Esai, Cerpen, Puisi, Anekdot, Eksemplum, dan banyaklagi. Medianya juga beragam mulai dari tulisan, gambar, lagu dan macam lainnya. Semoga di sekolah berikutnya akan lebih ramai,” jelasnya.

Penyelenggaraan Pekan Gerakan Indonesia Membaca dan Menulis ini akan berlanjut di SMP Negeri 14 Ambon dan ditutup di SMA Negeri 1 Leihitu, Maluku Tengah. “Besok (hariini, red) kitake SMP Negeri 14, dan Senin pecan depan kita fokuskan di Hila. Totalnya kita 8 hari turun ke sekolah,” tandas Arie. Sementara itu, usai melaksanakan Lomba Baca Berita langsung dinilai oleh dewan juri sekaligus pengumuman pemenang dan pemberian hadiah. (ADI)

Most Popular

To Top