Adios, Xavi – Ambon Ekspres
Trending

Adios, Xavi

Selamat tinggal’ akhirnya harus diucapkan Barcelona pada Xavi Hernandez. The Catalans melepas kapten yang sudah membantu mereka mendominasi Spanyol, menguasai Eropa dan menaklukkan dunia.

Xavier Hernándezi Creus resmi menyatakan kepergiannya dari Barcelona dalam konferensi pers yang berlangsung beberapa menit lalu. Gelandang berusia 35 tahun itu belum akan pensiun, dia bakal melanjutkan karier sepakbolanya di Qatar bersama Al Sadd.

Keputusan menanggalkan jersey Barcelona disebut Xavi sudah final. Tahun lalu dia mengaku sempat punya rencana angkat kaki dari Camp Nou, dengan MLS diyakini jadi tujuan baru, namun Luis Enrique berhasil meyakinkannya untuk bertahan.

“Saya gembira bertahan di Barca musim ini. Itu keputusan yang sulit untuk dibuat. Saya ingin berterimakasih pada fans, mereka telah bersikap luar biasa pada saya. Saya ingin tetap bermain. Saya tahu saya masih bisa menunjukkan performa, meski itu dilakukan di kompetisi dengan level lebih rendah,” sahut Xavi seperti dikutip dari akun Twitter Barcelona.

“Saya sangat gembira. Saya tidak mungkin tidak punya karier lebih baik lagi. Saya adalah produk Barcelona. Saya sudah melakukan apa yang saya bisa pikirkan,” lanjut dia.

Melakukan debut di tim senior Barcelona pada tahun 1998, Xavi kini total telah tampil di 506 pertandingan. Xavi adalah menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dalam seragam Barca.

Keberhasilan menjuarai La Liga musim ini menjadi titel Liga Spanyol ke-8 Xavi dalam 17 tahun kariernya di Camp Nou. Total ada 23 trofi dia raih bersama Barca, termasuk tiga gelar Liga Champions. Jumlah tersebut bisa bertambah karena Barca masih akan tampil di final Copa del Rey dan final Liga Champions.

“Saya berterima kasih pada Enrique yang membuat saya bertahan musim panas lalu, saay saya katakan padanya saya akan pergi.”
“Kami punya peluang yang bagus untuk menciptakan sejarah (meraih treble lagi). Apa yang belum saya lakukan? Mencetak hat-trick atau melakukan bicycle kick. Saya masih punya waktu untuk melakukannya,” seloroh Xavi. (dtc)

Most Popular

To Top