Awas! Paparan Plastik Bukan Cuma dari Beras Tapi Juga Tempat Makan – Ambon Ekspres
Kesehatan

Awas! Paparan Plastik Bukan Cuma dari Beras Tapi Juga Tempat Makan

Beras yang diduga mengandung plastik polyvinyl membuat resah masyarakat. Namun dalam keseharian, ancaman racun plastik tidak hanya berasal dari makanan semacam itu melainkan juga dari tempat makan berbahan plastik.
“Kadang kita memasukkan makanan ke wadah plastik dalam kondisi masih panas.

Itu juga bisa melepas racun,” kata Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, konsultan saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo, seperti ditulis Jumat (22/5/2015).

Beberapa jenis plastik memang tidak didesain untuk menampung makanan panas. Untuk menghindari lepasnya racun plastik dari tempat makan, disarankan untuk memilih jenis plastik yang aman. Atau kalau mau lebih aman, sebaiknya tidak menempatkan makanan panas dalam wadah plastik.

Jika termakan, racun yang dilepaskan oleh plastik bisa memicu berbagai dampak kesehatan. Dampak akut atau seketika seperti mual muntah bisa muncul jika racun yang termakan bersifat iritatif. Sedangkan dalam jangka panjang, dampak racun-racun tersebut bisa terakumulasi dalam tubuh.

Pada organ-organ metabolisme misalnya, endapan racun plastik bisa merusak hati dan ginjal. Begitu juga pada sistem reproduksi, racun tertentu seperti Phtalate bisa mengganggu keseimbangan hormonal sehingga memicu infertilitas atau mandul.

Pada dinding saluran cerna, racun-racun dari plastik juga bisa memicu perubahan struktur. Dalam jangka panjang, perubahan struktur bisa menjadi cikal bakal berkembangnya kanker pada saluran cerna. (up/vit)

Most Popular

To Top