Ingin Pintar Harus Membaca – Ambon Ekspres
Pendidikan

Ingin Pintar Harus Membaca

Membaca merupakan salah satu upaya untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Sehingga bila seseorang ingin pintar, dia harus rajin membaca terlebih dahulu. “Kalau kita ingin pintar, kita harus banyak membaca. Karena dengan membaca, pengetahuan dan wawasan seseorang makin bertambah,” terang Humas Politeknik Negeri Ambon (Polnam), Marines Sugi.

Untuk itu sangat penting untuk menggiatkan gemar membaca dikalangan masyarakat Maluku. Dan hal tersebut harus dimulai sejak dini, dari tingkatan pendidikan paling rendah, sehingga nantinya menjadi sebuah budaya di generasi muda Maluku.

Membangun budaya baca dikalangan generasi Muda Maluku dapat dilakukan dengan tetap mempertahankan kearifan local, seperti budaya bertutur. “Budaya ini perlu dipertahankan karena bisa mendorong masyarakat untuk membaca. Bagaimana seseorang mau bertutur dengan baik, kalau dia tidak membaca,” ungkapnya.

GMGM, katanya, bila sukses di tengah masyarakat memiliki manfaat yang sangat besar. Dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) Maluku.

“Kita lihat saja kualitas pendidikan Maluku saat ini sangat terpuruk bila dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia. Tapi bila gerakan ini dijalankan dengan baik di masyarakat, maka ketertinggalan kita di bidang pendidikan sebagai sarana pembangunan SDM dapat dikejar,” terangnya.

Memang, katanya, hasil dari GMG bila terimplementasi dengan baik di tengah masyarakat, tidak dapat langsung dinikmati. Tapi hasilnya dapat dirasakan beberapa tahun kedepan. “Ini program jangka panjang. Jadi hasilnya baru bisa dilihat beberapa tahun kedepan,” tuturnya.

Dia melanjutkan, untuk mendukung program GMGM di tengah masyarakat diperlukan tokoh masyarakat maupun tokoh agama sebagai pelopor gemar membaca di tengah masyarakat, terutama pada daerah terpencil di Maluku.
“Gemar membaca ini harus menjadi prioritas seluruh masyarakat. Tapi ini memang perlu sosialisasi yang panjang di seluruh wilayah Maluku, terutama di daerah terpencil” pungkasnya.(ADI)

Most Popular

To Top