Mengenal Warisan Budaya – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Mengenal Warisan Budaya

PEMERINTAH dewasa ini telah menempatkan museum sebagai salah satu instansi penting dalam pembangunan kebudayaan bangsa. Hal  ini ditandai dengan dicanangkan Tahun Kunjungan Museum dan Gerakan Nasional Cinta Museum, sejak tahun 2010 sampai saat ini.

Upaya  ini sangat positif, karena museum memiliki tugas melestarikan dan memanfaatkan benda warisan budaya dan bukti sejarah alam dalam rangka kepentingan studi penelitian serta rekreasi. Dan juga museum berperan dalam menunjang pembentukan karakter bangsa.

“Museum pada dasarnya memiliki dua fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian budaya baik tangible (warisan budaya benda) maupun intangible (warisan budaya tak benda) dan sebagai sumber informasi budaya,”ungkap Kepala Museum Siwalima Provinsi Maluku, Jean Saiya, saat pembukaan Lomba Mozaik dan Mewarnai bagi Taman Kanak-Kanak(TK), Kamis(21/5).

Menurutnya, melalui kegiatan yang diikuti 250 murid TK di Kota Ambon, ini dapat menstimulasi kualitas anak-anak akan rasa mencintai museum, sehingga timbul kesadaran untuk menjaga dan melestarikan kekayaan negeri ini berupa benda-benda budaya yang ada di museum.

“Bukan hanya sebagia tempat untuk memamerkan benda budaya, tetapi lebih jauh untuk tujuan edukasi cultural bagi pengunjung,”katanya.
Nantinya, untuk jenjang SD akan digelar lomba lukis biota laut dan SMP akan mengikuti lomba cerdas cermat mengenai kebudayaan.
Untuk lomba cerdas cermat, regu yang nantinya menang akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba cerdas cermat tingkat nasional yang dilaksanakan di Museum Nasional, bulan Agustus tahun ini,”jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu fungsi museum dibidang Edukatif Kultural yang berupaya untuk menggali potensi dan kreativitas anak-anak sejak usia dini, sehingga mereka lebih mengenal benda-benda budaya lebih jauh.

“Lewat kegiatan yang menjaidi agenda tahunan ini juga memberikan dampak positif dengan meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Museum Siwalima dari tahun ke tahun dengan kunjungan tersebut,”paparnya. (IWU)

Most Popular

To Top