Pekan Depan Seluruh Sekolah Mulai Laksanakan Ulangan Akhir – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pekan Depan Seluruh Sekolah Mulai Laksanakan Ulangan Akhir

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan ujian akhir sekolah (UAS) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) telah berakhir.

Dan untuk tingkat SMA/SMK hasil kelulusan telah diumumkan, dimana Kabupaten Buru meraih angka kelulusan 100 persen. Sementara pengumuman hasil kelulusan tingkat SMP dan SD sementara ditunggu.

Walau tinggal menunggu hasil kelulusan tingkat SMP dan SD, namun pihak sekolah belum bisa menarik nafas panjang karena masih ada pekerjaan besar menanti, yakni kegiatan ulangan kenaikan kelas.

Para guru saat ini tengah disibukkan dengan persiapan penilaian dan kegiatan tes atau ulangan kenaikan kelas. Rencananya kegiatan tes atau ulangan kenaikan kelas ini akan dilakukan pekan depan.
Pelaksanaannya direncanakan bersamaan untuk semua tingkatan sekolah.

Kepala Bidang Pengajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Buru, Ibrahim Soekonora mengaku, pekan depan akan mulai dilakukan kegiatan tes atau ulangan kenaikan kelas. Pelaksanaanya akan dilakukan secara serentak, mengingat dalam beberapa pekan lagi akan memasuki bulan Ramadhan.

“Ulangan kenaikan kelas dilakukan secara serentak mengingat akan ada libur pertengahan Juni nanti. Selain itu, masing-masing sekolah memiliki waktu penilaian serta penentuan naik kelas dan juga kegiatan yang sudah diprogramkan oleh pihak sekolah masing-masing yang dikemas dalam Pekan Olahraga dan Kesenian (Porseni) dalam internal sekolah,” terangnya.

Disinggung mengenai persiapan soal-soal ulangan, Soekonora mengatakan, pihak sekolah sudah memasukan persiapan soal ulangan dan sudah diperbanyak sejak pekan lalu. “Kesiapan sekolah untuk menghadapi ulangan juga sudah dinyatakan siap dan tinggal melaksanakan saja,” tuturnya.

Saat ini siswa hanya dituntut untuk menyiapkan fisik dan mental menghadapi ulangan kenaikan kelas. Terkait penentuan nilai kenaikan kelas, pihak sekolah memiliki ketentuan berdasarkan keputusan rapat para guru dan kepala sekolah yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Sementara beberapa Kepala Sekolah yang ditemui di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Buru mengaku, mereka sudah memiliki kesiapan untuk pelaksanaan ulangan kenaikan kelas. Mereka berharap seluruh anak didik mereka berhasil atau naik kelas dengan nilai yang memuaskan.

“Yang tidak naik kelas kecuali untuk siswa siswi yang kebanyakan absen tanpa alasan dan tidak ada pemberitahuan untuk pihak sekolah dan mereka mendapatkan nilai dibawah,” tandasnya.

Dikatakan, ada sebagian siswa yang sementara mengikuti kegiatan MTQ Provinsi Maluku yang diperkirakan tidak bisa hadir untuk melaksanakan ulangan kenaikan kelas itu, tapi mereka akan diberi kebijakan untuk mengikuti ulangan susulan nanti. (CR8)

Most Popular

To Top