Dewan Apresiasi Tabaos Bupati – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Dewan Apresiasi Tabaos Bupati

MASOHI, AE.—Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam waktu dekat ini kembali melaksanakan program Tabaos.  Tabaos tahun 2015 yang diarahkan pada pengembangan daya saing ini mendapat apresiasi DPRD setempat.

Apresiasi dimana program tersebut merupakan upaya pemerintah dalam mendekatkan diri dengan masyarakat berikut menyerap langsung berbagai persoalan dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat. “Apresiasi karena program itu membuka sekat antara pemerintah dengan masyarakat. Tentu pemerintah langsung dapat mengetahui segala persoalan dan kebutuhan dalam masyarakat,” ketus Anggota DPRD Maluku tengah Halimun Saulatu,  kepada Ambon Ekspres di Masohi.

Politisi Partai Demokrat itu menandaskan, program yang berhasil memperoleh sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat tersebut harus didukung semua komponen masyarakat lebih lagi wakil rakyat. Bukan tanpa alasan, penghargaan tersebut didasarkan atas berbagai indikator keberhasilan. “Kalau demi peningkatan kesejahteraan, pembangunan serta meretas segala persoalan harus didukung semua komponen termasuk DPRD,” tandasnya, Minggu,(24/5).

Dia melanjutkan, pola pendekatan pemerintah dengan masyarakat dalam program Tabaos yang dicanangkan tahun 2012 lalu yakni bertatap muka langsung dengan masyarakat dari satu negeri ke negeri lain hingga dusun dalam satu kawasan Kecamatan.

Tentu saja, perjalanan dari satu Kecamatan ke kecamatan, negeri hinggu dusun dengan beragam kompleksitas geografis dan demografis membutuhkan tenaga ekstra belum lagi kompleksitas persoalan berbasis wailayah. Namun, hal itu menjadi tantangan tersendiri bupati dan rombongan SKPD demi meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di seanteru Kabupaten bertajuk Pamahanunusa itu.

Aspirasi tersebut kata dia, kemudian dituangkan dalam dokumen aspiratif yang akan dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kabupaten. Nah, memang diakuinya dari banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat pada pelaksanaan program tahun-tahun sebelumnya belum semuanya terealisasi.

Untuk itu, tahun ini kiranya aspirasi tersebut secara bertahap akan direalisasikan oleh pemerintah. “Sedianya program yang belum terealisasi bisa secepatnya direalisasikan pemerintah,” ingat dia. (ANC)

Most Popular

To Top