Paket Narkoba Buat Sang Perwira – Ambon Ekspres
Trending

Paket Narkoba Buat Sang Perwira

AMBON, AE— Darurat narkoba bikin polisi sangat ketat memantau pintu masuk barang haram ini di semua daerah di Maluku. Tak pandang rekan sejawat, polisi main tangkap meski itu atasannya. Satu perwira menengah yang bertugas di Aru, ditangkap  dalam operasi senyap yang dilakukan Direktorat anti narkoba, Polda Maluku.

Informasi yang diperoleh Ambon Ekspres, operasi dipimpin oleh Kasubdit II, Diresnarkoba Polda, Ajun Komisaris Polisi, John Uneplaita. Dia bersama tiga polisi dari Ditnarkoba Polda Maluku, ke Aru. Operasi dilakukan pada Sabtu, (23/5) siang, di Dobo, Pulau Aru.

Penangkapan berawal dari pengembangan kasus di Ambon. Seorang kurir yang juga oknum anggota polisi ditahan dalam operasi awal pada Jumat, (22/5). Oknum polisi itu berpangkat Brigadir, berinisial AM. Dia adalah anggota Polres Aru, yang ditugaskan menjadi polisi penghubung di Ambon.

Dia digelandang ke Ditnarkoba Polda Maluku. Dalam interogasi oleh penyidik Ditnarkoba, oknum polisi itu pun bernyanyi. Dia mengaku barang haram itu akan dibawah ke Dobo. Siapa yang akan menjemputnya, oknum itu juga membuka lebar. “Polisi lantas membiarkan paket itu berangkat. Polisi juga ikut bersama barang tersebut,” kata sumber koran ini.

Paket haram itu, dibawah dengan pesawat ke Dobo. Di dalam pesawat tersebut sudah ada tim dari Ditnarkoba. Setelah pesawat lending, tim kemudian bergegas memantau barang di bagasi. “Tim ini sudah tahu, nomor pengiriman, dan bentuk barangnya,” kata dia.

Tim lantas memantau dari jauh, siapa yang datang menjemput paket narkoba tersebut. Paket itu pun dibawah oleh orang yang memang ditugaskan menjemputnya. Tim membiarkan kurir itu beberapa saat melangkah, kemudian tim meringkusnya. Ternyata dia juga oknum polisi, anggota intel.
Anggota intel pun dibawah ke suatu tempat untuk dilakukan interogasi oleh tim. Dari pengembangan kasus, terungkap barang haram itu akan dibawah ke oknum perwira di Dobo.

Informasi yang dihimpun koran ini Minggu, (24/5) kemarin, menyebutkan perwira menengah polres Kepulauan Aru itu, diamankan oleh tim kepolisian dari Direktorat Reserse Narkoba (Diresnarkoba) Polda Maluku, dari kediamannya, di perumahan Polri Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Sabtu malam.

Sampai kemarin, Polda Maluku belum memberikan keterangan resmi soal penangkapan tersebut. AKP John Uneplaita yang dikonfirmasi juga belum mau memberikan komentar. Demikian pula Wakapolda Maluku tidak memberikan keterangan, setelah dikonfirmasi.

Informasi yang diterima Ambon Ekspres, hari ini rencananya, perwira tersebut akan digelandang ke Ambon untuk diperiksa atas kepemilikan barang haram tersebut.

Di tempat terpisah Kepala Bidang Humas Polda Maluku, AJun Komisaris Besar Polisi Hasanuddin Mukaddar, yang ditemui koran ini dikediamannya tak menampik mendapat informasi ada oknum anggota polisi ditangkap. Namun dia menolak mengomentari lebih jauh, terkait penangkapan itu.

“Dapat informasi diamankan oknum anggota kami di Polres Aru, tetapi untuk kasus apa? Bahkan identitas jelasnya saya sendiri belum mendapatkan informasi pasti. Siapa yang ditangkap, barang buktinya berapa banyak dan pangkatnya apa itu belum tahu itu,” jelasnya.

Mukaddar mengaku, dirinya telah beberapa kali menghubungi Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Harold Huwae, untuk memastikan adanya informasi penangkapan yang diterimanya itu.

“Sudah dihubungi dari tadi siang sejak saya dapat informasi itu, tetapi sampai saat ini juga belum diangkat. Bahkan Pak John sendiri juga belum berhasil dihubungi. Jika sudah dapat informasi pasti akan saya kasi tahu kalian (wartawan red),” terang Mukaddar, sambil pergi untuk menghadiri salah satu acara itu.

Kabid Profesi  pengamanan Ajun Komisaris Besar Polisi Agus Sutrisno, yang dihubungi juga mengaku, belum mendapatkan laporan atas diamankannya salah satu oknum perwira polisi. “Wah saya tidak amankan. Kalau itu mungkin narkoba, tetapi saya belum dapat informasi itu,” singkatnya.
(aha)

Most Popular

To Top