Berani Berantas Buta Aksara! – Ambon Ekspres
Pendidikan

Berani Berantas Buta Aksara!

Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) harus dijadikan momen untuk memberantas buta aksara di Maluku. Demikian diungkap Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Iqra Buru (Uniqbu), Abdul Rasyid Rumata, Senin (25/5).

Untuk itu, gerakan yang dipelopori Koran Ambon Ekspres dan Pemerintah Provinsi Maluku harus ditindaklanjuti oleh seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Maluku, sehingga manfaat dari program tersebut bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan.

Menurut dia, buta aksara ditengah masyarakat harus ditekan hingga semua masyarakat Maluku bisa membaca. Hal tersebut dilakukan mengingat pentingnya kemampuan membaca bagi masyarakat. “Program ini harus dijadikan ajang untuk menurunkan angka buta aksara di tengah masyarakat. Jangan lagi ada buta aksara. Semua masyarakat Maluku harus bisa membaca,” kata Rumata.

Membaca, katanya, sangat penting, baik bagi siswa, mahasiswa maupun masyarakat secara keseluruhan. Dengan membaca, pengetahuan dan wawasan seseorang akan dapat bertambah. “Membaca kan merupakan upaya seseorang untuk mengetahui sesuatu yang belum dia ketahui,” terangnya.

Selain itu membaca dapat meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Misalnya, nelayan tradisional akan bisa meningkatkan pendapatannya dengan pengetahuan yang lebih modern.  “Ilmu pengetahuan dan   teknologi terus berkembang. Itu bisa diketahui dengan membaca,” ujarnya.

Membaca merupakan kebutuhan masyarakat untuk dapat menjawab tantangan dan persaingan global masyarakat modern. “Kalau ingin survive atau malah surplus dalam persaingan global, orang harus membaca untuk memperluas pengetahuan dan wawasan,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, GMGM harus dibumingkan di seluruh wilayah Maluku. “Generasi Maluku harus dimotivasi untuk terus membaca. Kita harus terus meningkatkan refrensi pengetahuan kita dengan membaca. Gerakan ini perlu dibumingkan dan ditindaklanjuti di semua kabupaten/kota di Maluku,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!