Harga Bawang Merah di Ambon Terus Meroket – Ambon Ekspres
Amboina

Harga Bawang Merah di Ambon Terus Meroket

AMBON, AE.—Harga bawang merah di beberapa pasar tradisional Kota Ambon saat ini, menyentuh Rp38.000 perkilo. Padahal, satu minggu lalu, harga bawang merah hanya berkisar Rp34.000 per kilo.
Salah satu pedagang di Pasar Mardika, Sri Subekti (47) mengungkapkan, sudah satu minggu ini harga bawang merah mengalami kenaikan.

“Satu minggu lalu, harga bawang merah hanya Rp34.000  perkilo. Namun saat ini harga dari pemasok Rp34.000. Kemudian saya jual lagi RpRp38.000 kepada para pembeli. Belum lagi ongkos  para tukang pembersih bawang sebelum dipasarkan yakni tiap kilo biasanya Rp2000, sekarang bayarannya Rp2.500 per kilo,”ungkapnya,  Senin (25/5)

Menurut Sri, kenaikan harga bawang merah ini dikarenakan faktor musim hujan yang membuat panen petani bawang merah banyak yang gagal ataupun rusak.

“Sudah biasa bila memasuki akhir musim hujan seperti ini harga bawang merah merangkak naik. Dan biasanya harga bawang merah memang naiknya cepat serta turunnya juga cepat,”jelasnya.

Hal senada juga dikatakan pedagang lainnya, Sulina (49). Menurutnya, kenaikan harga bawang merah ini tidak begitu berpengaruh buat para pembeli. Bawang putih juga naik dari kisaran Rp23.000 hingga Rp24.000 per kilo dan eceran Rp5.000 per tumpuk kecil.

“Mereka (pembeli,red) sudah tahu kalau cuaca buruk atau jelang hari raya,  harga bawang merah memang biasanya naik. Jadi mereka hanya beli sedikit-sedikit,”tuturnya.

Sementara itu, salah satu distributor bawang di Pasar Batumerah, Bayu(34 )juga membenarkan soal kenaikan harga bawang merah di beberapa pasar tradisional di Ambon.

“Sampai dengan seminggu ini, harga bawang sudah naik.  Harga bawang merah mengalami kenaikan rata-rata Rp2000 perkilonya,”tuturnya.

Menurut Bayu, kenaikan harga bawang merah ini dipengaruhi oleh musim hujan yang membuat bawang merah mudah busuk.

“Terkadang banyak ditemui bawang merah yang sudah busuk karena terkena air hujan. Sedangkan untuk stok bawang merah di Ambon tidak mengalami masalah,”jelasnya.
Bayu melanjutkan, untuk kedepannya pedagang dan distributor berharap stok ini bisa mencukupi permintaan masyarakat.

“Kalau stok aman, biasanya kenaikan bawang merah seperti saat ini tidak berlangsung lama. Untuk harga dari Surabaya Rp28.000 per kilo untuk bawang merah. sedangkan bawang putih Rp18.000. Sehingga harga jual agen untuk pedagang di sini Rp34.000 bawang merah dan bawang putih Rp22.000,”pungkasnya. (IWU)

Most Popular

To Top