Ribuan Warga Asal Maluku di Pontianak Rayakan HUT Pattimura – Ambon Ekspres
Amboina

Ribuan Warga Asal Maluku di Pontianak Rayakan HUT Pattimura

AMBON,  AE.—Keluarga besar Ikatan Sosial Warga Maluku (Isowaku Hitihala)  Kota  Pontianak, Provinsi  Kalimantan Barat (Kalbar) merayakan HUT Pattimura ke 198. Acara dilaksanakan di  Gedung Politeknik Pontianak, jalan Ahmad Yani, Jumat (22/5).

Isowaku Hitihala memandang momentum ini perlu dilakukan untuk menyatukan orang Maluku di tanah rantau.  Demikian disampaikan Ketua Isawaku Hitihala, Jhon Glenn Paliama saat kegiatan tersebut. Acara tersebut turut dihadiri  staf ahli Bidang Politik dan Hukum, Togi Lumung Tobing, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono serta pemangku adat  suku dayak, suku cina dan suku melayu.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy. Acara berlangsung dibawah sorotan tema “Pahlawanku Kebanggaanku“. Dalam sambutannya, Louhenapessy menyampaikan terima kasih atas kontribusi Pemrov Kalbar dan Pemkot Pontianak sehingga warga kota Ambon di Pontianak bisa  merayakan HUT Pattimura .

“Saya berterimakasih kepada Gubernur Kalimantan Barat dan Walikota Pontianak atas kemurahan hati dapat menjaga dan memupuk kerukunan warga Maluku bersama lima suku yang ada di daerah ini. Ini menjadi rasa syukur pemkot Ambon selama melihat warga Ambon dengan baik sehingga terselenggaranya kegiatan HU- T Pattimura, ” tutur dia.

Dihadapan ribuan tamu  yang datang, dirinya menggambarkan ciri khas orang Maluku bagaikan pohon sagu yang tumbuh tegak dan sangar. Namun ketika dibelah didalamnya  terdapat isi yang putih dan jernih.

Dirinya juga menjelaskan ketika 16 tahun lalu Maluku dilanda konflik sosial. Kini semua itu sudah hilang dan yang ada saat ini adalah pembangunan yang terus digalakkan. ‘’Kota Ambon  mulai dibenahi sedikit demi sedikit dan Kota Ambon yang sekarang tidak tergambar seperti 16 tahun silam,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar yang diwakili staf ahli bidang politik dan hukum, Togi Lumung Tobing mengatakan, Pattimura selaku pahlawan nasional patut dijunjung tinggi nilai perjuangannya dalam membela negara. Olehnya itu, kata dia, Pemprov Kalbar mengapresiasi peringatan HUT Pattimura yang setiap tahun diselenggarakan di Kota Pontianak.

‘’Di Kalbar ada 4 kabupaten dan disitu tersebar warga Ambon. Birokrasi pemprov maupun pemkot juga ada yang diduduki orang Ambon. Jadi pak Walikota Ambon tidak perlu khawatir, sebab tanpa dibilang juga pemerintah tetap memperhatikan warga asal Ambon sebagaimana suku-suku lain di Kalimantan,” terang dia.

Wakil walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengaku bangga bahwa Ambon memiliki banyak talenta. Bahkan  sampai  di tanah rantau juga bisa menyumbangkan yang terbaik bagi Kota Pontianak. ‘”Ada kurang lebih 4 ribu  warga asal Maluku di Kalimantan Barat. Justeru ini menjadi aset Pemprov Kalbar maupun  Pemkot Pontianak. Ini sangat luar biasa,” tandas dia. (AID)

Most Popular

To Top