BPKP Tuntaskan Audit Tergantung Data Penyidik – Ambon Ekspres
Metro Manise

BPKP Tuntaskan Audit Tergantung Data Penyidik

AMBON, AE— Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Maluku, Abdul Azis mengatakan, penyebab utama keterlambatan pengauditan kasus yang sering terjadi oleh pihaknya karena data yang disampaikan dari penyidik baik polisi maupun jaksa itu sering terlambat. Hal itulah yang mengakibatkan audit kasus korupsi sering mengalami terlambatan di BPKP.

PKP siap mengawal pembangunan dan kemajuan bangsa. Kaitannya dengan penuntasan sejumlah kasus korupsi, dengan berdalih masih menunggu hasil audit BPKP, itu karena data yang diberikan penegak hukum yang berkaitan juga lemah dan minim,” kata Azis kepada wartawan, Senin (25/5).

Menurut dia, lembaga yang dipimpinnnya itu, siap membantu lembaga anti korupsi lainnya untuk bersama-sama memerangi korupsi yang ada di Indonesia, terlebih Maluku. Akan tetapi hal itu harus dilakukan secara profesional dan proporsional juga. “BPKP pada prinsipnya akan tetap berusaha dan bekerja untuk mendukung upaya pemberantasan korupsi sesuai dengan peran dan fungsi yang ada.

Kita tetap akan membantu memberantas korupsi dengan cara-cara yang profesional,” jelasnya.
Dikatakan, jika ingin bersama-sama memerangi korupsi, maka data yang dimasukan oleh aparat penegak hukum kepada BPKP harus lengkap sehingga proses penguditannya juga berjalan sesuai dengan yang diinginkan. “Kita maunya seperti itu. Tetapi kita juga tidak memaksanakan karena kita harus bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sejauh ini kami bekerja sudah cukup baik,” ujarnya.

Azis menambahkan, pihaknya juga akan lebih meningkatkan profesionalisme dan terus melakukan pembenahan. “Prinsipnya kita akan terus berbenah dan melakukan tugas dan tanggungjawab dengan baik. Termasuk mempercepat segala proses audit yang ada dan itu sesuai dengan mekanisme yang ada juga,” pungkas dia.
(AHA)

Most Popular

To Top