Hati-hati! Pengolahan Tak Tepat, Ikan Tuna Bisa Terkontaminasi Salmonella – Ambon Ekspres
Kesehatan

Hati-hati! Pengolahan Tak Tepat, Ikan Tuna Bisa Terkontaminasi Salmonella

Tuna mentah diduga menjadi sumber wabah salmonella. Namun bagaimana cara tuna terkontaminasi dengan bakteri tersebut? Para ahli mengatakan bahwa bakteri salmonella kemungkinan tidak hidup pada ikan namun terkontaminasi pada saat ikan itu diolah.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sejauh ini setidaknya ada 53 orang di sembilan negara telah terjangkit bakteri langka yang kerap disebut Paratyphi B. Ketika pejabat kesehatan mewawancarai 36 orang yang mengalami sakit akibat bakteri salmonella, lebih dari 90 persen mengatakan mereka sering makan sushi dengan ikan tuna mentah selama seminggu sebelum jatuh sakit. Para peneliti kini menyelidiki apakah ada perusahaan atau pemasok ikan tuna yang harus bertanggung jawab atas wabah ini.

“Salmonella sebetulnya jarang dideteksi pada ikan. Bakteri yang biasanya ditemukan pada usus mereka biasanya E. coli jika ikan hidup di air memiliki sanitasi yang buruk dan kotor. Jika daging ikan telah terjangkit bakteri salmonella, maka dicurigai bakteri ini diperoleh pada saat proses di pabriknya” ucap Dr Benjamin Chapman, spesialis keamanan pangan dan profesor di North Carolina State University, dikutip dari Live Science, Selasa (26/5/2015)

BACA JUGA:  Hati-hati! Asap Rokok di Rumah Bisa Jadi Penyebab Kematian Bayi

Dr Chapman mengatakan bahwa salmonella bisa berasal dari orang-orang yang menangani makanan di restoran atau fasilitas pengolahan yang tidak mencuci tangan mereka dengan benar. Atau daging ikan diletakkan dengan daging jenis lain seperti unggas atau daging sapi pada tempat pendinginan yang sama maka daging ikan bisa mudah terkontaminasi bakteri lain.

Dikarenakan petugas kesehatan yang belum mengidentifikasi produk terkait dengan wabah ini, terlalu dini jika mengatakan asal dari kontaminasi pada ikan tuna. “Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan tentang produk pangan, maka akan semakin mudah dalam mencari asal usul dari kontaminasi,” kata Dr Chapman.

Para pejabat kesehatan belum menentukan sumber makanan apa sajakah yang terkontaminasi bakteri ini. Namun mereka telah mengidentifikasi DNA yang unik dalam salmonella yang bisa dijadikan petunjuk dalam penelitiannya. Dr Chapman mengatakan adanya kesamaan genetik dan berpikir semua penyakit ini berasal dari sumber yang sama.

Jadi apakah sebaiknya Anda berhenti makan sushi? Tidak ada pernyataan yang cukup untuk mendukung hal tersebut. Mungkin daging ikan memang lebih berisiko untuk mudah terkontaminasi bakteri lain dibandingkan daging unggas atau sapi.

BACA JUGA:  Hati-Hati...Si Manis Ini Berbahaya untuk Kesehatan Anda

Namun secara umum, risiko penyakit yang dibawa dari makanan akan jauh lebih tinggi jika makanan tersebut dimakan dalam keadaan kurang matang ataupun mentah. Memasak bahan makanan hingga matang dapat mengurangi risikonya karena bisa membunuh bakteri patogen yang membahayakan tubuh.

“Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti anak-anak, orang tua dan wanita hamil memiliki risiko yang lebih tinggi dalam penyakit yang dibawa oleh makanan. Jadi disarankan agar mereka tidak mengonsumsi daging mentah atau setengah matang,” tambah Dr Chapman.(rdn/up)

Most Popular

To Top