KONI Kota Ambon Terapkan Aturan Khusus di Porkot – Ambon Ekspres
Olahraga

KONI Kota Ambon Terapkan Aturan Khusus di Porkot

Haumasse :  Tunjukan Identitas Kota ini

AMBON, AE.—Menjelang bergulirnya Pekan Olahraga Kota (Porkot) Ambon edisi kedua yang bergulir Juli mendatang, KONI Kota Ambon dan  panitia pelaksana (panpel) terus melakukan persiapan. Tujuannya agar event ini berjalan sesuai dengan skenario. Demikian disampaikan Janje Haumasse, Ketua Harian KONI Kota Ambon kepada Ambon Ekspres di ruang kerjanya, kemarin.

Dijelaskan, ada aturan  khusus yang akan diterapkan pada Porkot nanti. Dan aturan ini akan mengacu pada Popmal  (Pekan Olahraga Maluku) tahun lalu.Sebab event ini bertujuan untuk mencari atlet muda yang berkualitas.’’ Tentu ada aturan-aturan khusus disetiap cabor, misalnya soal batas usia atlet hingga domisili atlet itu sendiri.Persyaratan ini berlaku di Porkot nanti,’’ tegasnya.

’’Atlet dari luar kota ini dilarang ikut dalam event ini. Kalau ketahuan, maka cabor atau tim tersebut akan didiskualifikasi,’’ sambung dia.

Haumasse menjelaskan, hingga detik ini, jumlah atlet dari masing-masing kecamatan belum diketahui.Sebab, mereka belum melakukan pendaftaran. Tapi, kami memperkirakan ada ribuan atlet yang akan ambil bagian di event ini.

’’Kalau kontingen sudah memasukan jumlah atlet, maka jumlah medali yang diperebutkan sudah bisa diketahui. Tapi sampai saat ini, belum ada yang melakukan pendaftaran,’’ ungkapnya. ’’Kami masih berikan kesempatan kepada mereka (calon peserta)hingga akhir bulan depan,’’ lanjutnya.

Mantan Kadis Perhubungan Kota Ambon ini menjelaskan, Porkot merupakan program KONI sebagai bentuk pemanasan dalam menghadapi event yang levelnya lebih tinggi. ’’Kegiatan itu cukup penting, karena ini sebagai wadah yang sangat tepat sebelum atlet turun di Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja dua tahun kedepan,’’ jelasnya.

Menurut dia, Porkot akan digelar usai Idul Fitri.Untuk menentukan lolos tidaknya atlet menjadi peserta PON Remaja, itu tergantung hasil Porkot. ’’Kami ingin atlet asal kota ini memberikan prestasi bagi daerah ini,’’ ucapnya mengharapkan.

Pria murah senyum ini berharap, event tersebut mampu menghasilkan bibit atlet lokal. Sehingga olahraga di Kota Ambon bisa lebih maju lagi.’’ Ajang ini tidak hanya sebagai rutinitas saja. Tapi bisa menunjukan identitas diri Kota Ambon melalui olahraga,’’ katanya.

’’Atlet kota ini harus bicara di tingkat provinsi maupun nasional.Kami punya atlet cabor yang dapat dibanggakan. Jadi, mari jadikan Porkot  ini sebagai usaha untuk menunjukkan atlet-atlet berprestasi,’’ pungkasnya.(ZAL)

Most Popular

To Top