Mobil Angkot Tua Bakal Ditertibkan – Ambon Ekspres
Amboina

Mobil Angkot Tua Bakal Ditertibkan

AMBON, AE.—Dinas Perhubungan  (Dishub) Kota Ambon berencana waktu dekat  akan  melakukan  swiping besar-besaran terhadap mobil angkutan kota (angkot) untuk semua jalur.

Swiping dilakukan guna menekan angka kecelakaan lalulintas di daerah ini. Swiping awal bakal  dilakukan ditiga jalur  utama yakni Kebun Cengkih, Stain dan Batu Merah Dalam.

Pemeriksaan difokuskan pada umur kendaraan saat beroperasi. Demikian disampaikan Kepala Dishub Kota Ambon, Piet Saimima kepada awak media di Balai Kota, Senin (25/5).

Dikatakan, meskipun  pihaknya selalu melakukan  pengawasan pengujian mobil angkot, namun tetap dibarengi dengan langkah penertiban. ‘’Kita lakukan langkah ini agar pemilik mobil sadar diri agar lebih memperhatikan kondisi kendaraan guna menekan kecelakaan lalulintas di Kota Ambon,” kata Saimima.

Dia juga  menyadari  banyak  mobil  penumpang  yang belum melengkapi surat-surat kendaraan. Bahkan, dia mengaku, masih ada mobil tua yang dipaksakan beroperasi. “Kurang  lebih  ada 100  buah  mobil tua masih tetap dioperasikan pemilik, padahal itu sudah tidak layak. Ini akan kita tertibkan,’’ tandas dia.

Berdasarkan kondisi yang ada, lanjut Saimima, maka  pihaknya akan mengawali swiping pada tiga jalur tersebut. ‘’Mungkin tidak semua  mobil dihentikan. Tetapi ditertibkan dulu mobil yang usianya sudah melewati batas operasi, ’’jelas dia. (AID)

Most Popular

To Top