Pedagang Desak Disperindag Pantau Harga Barang – Ambon Ekspres
Amboina

Pedagang Desak Disperindag Pantau Harga Barang

AMBON, AE.—Pedagang di Pasar Mardika dan Pasar Nusaniwe Kota Ambon, meminta agar  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengendalikan harga kebutuhan pokok.

Seorang pedagang di Pasar Mardika, Ahmad (45), di Ambon, Selasa (26/5) mengatakan, lonjakan harga barang kebutuhan pokok yang terjadi saat ini tidak pernah dipantau Disperindag. Sebagai pedagang, lonjakan harga yang diberikan oleh produsen tentunya akan semakin membingungkan. Apalagi, jelang Ramadhan, dipastikan harga akan semakin menggila.

Pedagang lainnya, Halim (35) mendesak Disperindag  melakukan kegiatan monitoring dan penertiban atas  harga sembilan bahan pokok (sembako).

“Monitoring harus rutin dilakukan tim dari Disperindag. Jangan hanya menjelang  Ramadhan dan hari-hari besar keagamaan  baru mau bergerak, ”terang Ha- lim, pedagang sayuran di Pasar Mardika.

Sementara, Ima Hasan (52) pembeli yang ditemui mengaku, Disperindag jangan han- ya melakukan pengecekan har ga tapi pengecekan barang ka- daluarsa yang saat ini beredar di pasaran, khususnya kepada para pedang sembako di wilayah Kota Ambon.

“Apalagi menjelang Ramadhan, pemerintah harus terus memantau perkembangan harga kebutuhan pokok, selain memantau jalur distribusi kebutuhan pokok agar tidak mengalami gangguan yang bisa mengakibatkan kenaikan harga, ”pintanya.

Dijelaskannya, kenaikan harga menjelang Ramadhan maupun hari-hari besar keagamaan seperti lebaran merupakan fak tor musiman yang terjadi set- iap tahun. Tapi, pemerintah se- tidaknya wajib meminimalisa- si kenaikan harga kebutuhan pokok itu.

“Pemerintah harus terus jaga kestabilan harga barang, karena aspek musiman tentu ada kenaikan harga. Nah kenaikan itu harusnya dipastikan tidak melebihi pola musiman yang biasanya terjadi,” jelas jebolan Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro ini. (IWU)

Most Popular

To Top