Yonif 731 Kabaresi Silaturahmi dengan Warga – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Yonif 731 Kabaresi Silaturahmi dengan Warga

Masohi, AE.—Untuk membina keakraban dengan masyarakat, warga Batalion Infanteri 731/ Kabaresi menggelar silaturahmi dengan raja-raja dan camat se-Kabupaten Maluku Tengah, di Aula Markas Besar Kabaressi, Waipo Kecamatan Amahai, Senin (25/5).

Silaturahmi tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan keamanan dan ketertiban di wilayah negeri-negeri di Maluku Tengah melalui  konsep kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Semoga  apa yang terlaksana saat ini bisa bermanfaat bagi Yonif 731/Kabaresi dan juga bagi masyarakat Maluku Tengah,” harap Danyon 731/Kabaresi Letkol Inf Faisal Rizal.

Kegiatan yang diselenggarakan itu sengaja melibatkan raja dan camat dari semua wilayah di Kabupaten Maluku Tengah. Pasalnya, ujung tombak keamanan adalah raja dan kepala kecamatan.

“Raja lebih mengenal seluk beluk persoalan di tingkat negeri, termasuk kendala-kendala yang menjadi pemicu gangguan keamanan. Selanjutnya pada level pemerintahan, ada pimpinan kecamatan.  Melalui pertemuan ini diharapkan akan tumbuh kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujar  Danyon.

Bupati Maluku  Tengah, Tuasikal Abua mengapresiasi  kegiatan yang diselenggarakan jajaran Yonif 731/Kabaresi tersebut. Menurut bupati,kegiatan tersebut sangat penting.  Apalagi, dalam konteks menciptakan keamanan dan ketertiban.

“Pertama, Kegiatan saat ini adalah sejarah baru dimana Batalon Infanteri/Kabaresi melaksanakan silaturahmi dengan masyarakat, raja-raja dan camat- camat se-Kabupaten Maluku Tengah.

Ini sangat penting untuk mencegah terjadinya konflik antar negeri di wilayah Negeri-Negeri di Kabupaten Maluku Tengah,” nilai Tuasikal Abua dalam sambutannya yang dibacakan Kepala badan Kesbangpol-linmas Malteng, Mat Pattimura.

Kegiatan tersebut bisa dijadikan wadah membahas dan memecahkan persoalan-persoalan yang selama ini melatari konflik antar masyarakat dan antar negeri di Maluku Tengah. “Konflik yg terjadi di sebagian besar wilayah Malteng adalah miras.

Persoalan miras kemudian memicu persoalan lain dan menyebabkan instabilitas keamanan. Semoga kegiatan ini bisa melahirkan solusi bagi penuntasan semua persoalan yang ada selama ini,” seru Pattimura. (MYX)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!