Bupati Dukung Penuh Kegiatan GMGM – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Bupati Dukung Penuh Kegiatan GMGM

Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) juga mendapat dukungan penuh dari Bupati Buru Ramly Umasugi. “Semua kalangan di Kabupaten Buru, termasuk lembaga pemerintah maupun swasta, termasuk badan usaha melik negara atau daerah memberikan dukungan penuh atas suksesnya program GMGM ini,” ujar Bupati beberapa waktu lalu.

Pemerintah Kabupaten Buru, kata Bupati, mendukung penuh kegiatan GMGM yang merupakan gagasan harian Ambon Ekspres yang dikerjsamakan dengan Pemerintah Provinsi Maluku, dalam hal ini Dinas Pendidikan Maluku.

Dengan kegiatan GMGM ini, kata Bupati, dapat memberantas buta aksara, mengurangi angka kebodohan serta kemiskinan. “Jelas GMGM sangat penting. Dengan pintar membaca, manusia akan bisa mengetahui semua ilmu melalui baca.

Jika semua ilmu pengetahuan sudah dikuasai, maka dijamin angka kebodohan yang menjurus pada kemiskinan dengan sendirinya menurun, bahkan akan menghilang karena semua masyarakat sudah pintar dan tidak gampang dibodoh-bodohin,” tandas Bupati.

Di Kabupaten Buru, pihaknya sudah meminta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buru agar menerapkan kegiatan GMGM di Kabupaten Buru. Bukan hanya karena Kabupaten Buru mendukung kegiatan tersebut, tapi lebih karena masyarakat Kabupaten Buru harus diberi asupan nutrisi pengetahuan melalui baca. Dengan membaca, seluruh masyarakat bisa pintar.

Tidak membutuhkan banyak biaya untuk memperluas wawasan, cukup dengan membaca, wawasan masyarakat bisa menjadi luas dan pemikiran untuk lebih maju lagi semakin besar.

Lanjut Bupati, program GMGM itu merupakan program mencerdaskan masyarakat khususnya anak usia sekolah. Dengan menerapkan kegiatan GMGM, siswa siswi dengan sendirinya akan meningkatkan minat baca yang dengan beriringan waktu akan menjadi kebiasaan membaca.

“Hasil yang diharapkan siswa siswi akan lebih pintar dari sekarang dengan hanya bermodalkan baca,” tandasnya.
Bupati mencontohkan, dirinya masih terus meningkatkan minat baca disela-sela kesibukannya. Hal itu bertujuan untuk mengasah pengetahuan yang ada atau yang belum dikuasai betul.

“Untuk itu, siswa siswi di Kabupaten Buru diharapkan bisa lebih meningkatkan minat baca. Karena buku merupakan jendela dunia, masyarakat yang ingin melihat dan mengetahui dunia cukup dengan membaca,” terangnya.

Harapan besar dari program GMGM, kata Bupati, siswa siswi Kabupaten Buru bisa memanfaatkan waktu luang mereka untuk membaca dan berupaya meningkatkan minat baca demi kesuksesan mereka dan juga kesuksesan Bupolo tahun-tahun yang akan datang. (CR8)

Most Popular

To Top