Kalau Tak Mau Sakit-sakitan Saat Tua, Tanamkan Kebiasaan Sehat Sejak Kecil – Ambon Ekspres
Kesehatan

Kalau Tak Mau Sakit-sakitan Saat Tua, Tanamkan Kebiasaan Sehat Sejak Kecil

Orang-orang tentu mau sehat tetapi belum tentu semuanya mampu meraih hal tersebut. Perlu komitmen yang cukup besar untuk menjaga pola hidup agar bisa terus sehat dari saat muda sampai tua nanti.

Profesor Harmani Kalim, MPH, MD, dari RS Jantung Harapan Kita mengatakan ada tiga penyakit tak menular yaitu stroke, penyakit jantung iskemik, dan kanker yang banyak menyerang orang tua saat ini. Penyakit tersebut menyerang karena sejak muda tak memerhatikan kesehatan.

“Ada faktor risiko yang sama dari tiga penyakit tersebut yaitu rokok. Indonesia memang banyak perokoknya apalagi sampai sekarang Indonesia belum menandatangani FCTC (Framework Convention on Tobacco Control),” kata Prof Harmani ketika ditemui pada seminar Hari Lansia Nasional oleh SOHO di Menara Peninsula Hotel, Jakarta Barat, Rabu (27/5/2015).

Faktor risiko lainnya selain merokok adalah obesitas, diabetes, dan kolesterol. Apabila seseorang memiliki semua faktor risiko maka kemungkinannya terserang penyakit jantung meningkat sampai 42 kali lipat.

Penerapan hidup sehat ini sudah perlu diperhatikan khusus untuk mereka usia dewasa muda. Bahkan pengetahuannya sudah harus dibekalkan sejak anak-anak agar menjadi suatu kebiasaan seperti dikatakan Prof Harmani.

“Susahnya orang muda itu banyak yang merokok dan makan tak sehat. Suka makanan siap saji yang banyak garam, lemak jenuh, dan kolesterol. Itu memang sengaja dibuat seperti itu karena kalau enggak ya enggak laku,” papar Prof Harmani.

World Health Organization (WHO) memprediksi bila tak ada intervensi penyakit ini akan terus meningkat sampai tahun 2035. Saat ini saja setiap tahun diperkirakan setidaknya 17 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular.(fds/vit)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!