Kemenpora Latih Guru Olahraga di Maluku – Ambon Ekspres
Pendidikan

Kemenpora Latih Guru Olahraga di Maluku

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI terus memberikan perhatian penuh kepada dunia olah raga di Provinsi termasuk Maluku. Kemarin, staf Kemenpora RI melaksanakan kegiatan pengembangan kompetensi olah raga pendidikan untuk tingkatkan kualitas dan kuantitas pembinaan bagi  satuan pendidikan mulai dari guru jenjang SD-SMA.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Maluku Semmy Huwae, dalam sambutannya, menuturkan, olahraga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tiga komponen program pemerintah pusat dan juga daerah yaitu ekonomi, angkatan bersenjata dan olahraga, dimana ketiganya harus benar-benar kuat untuk kemajuan suatu pemerintahan.

Karena itu, kata dia kegiatan yang digelar Kemenpora RI ini kepada para guru dari jenjang SD-SMA ini sangatlah penting.

‘’kita ketahui bersama untuk memajukan dunia olahraga tentu semuanya dimulai dari sekolah, dan jelas menjadi tanggungjawab para guru olahraga dalam mengajar pendidikan jasmani dan olahraga kepada para siswa. Jadi guru olahraga itu sangat tidak gampang. Mestilah para guru olahraga memperlihatkan kemampuan sebaik mungkin, tidak hanya pada teori didepan kelas saja, tetapi juga dalam prakteknya dilapangan,’’ katanya.

Dia mengaku  kalau Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku ini baru saja dibentuk Gubernur Maluku tiga bulan yang lalu, sehingga masih sangat muda. Olehnya itu, dia mengharapkan perhatian dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora RI demi perkembangan dunia olahraga di Provinsi Maluku. ‘’Meski begitu, apapun yang terjadi, dinas ini tetap akan bertanggungjawab hingga olahraga di Maluku dapat sejajar dengan Provinsi lainnya yang ada di Indonesia,’’ ingatnya.

“Sekarang ini sudah ada perhatian dari pusat untuk para guru di Maluku dan baru untuk Kota Ambon, kedepan kami akan berusaha bisa sampai keseluruh kabupaten/kota Maluku, hingga semua guru olahraga dalam menjalankan tugas yang sama yakni membuat pengajaran kepada siswa dan juga mencari bibit yang potensial untuk dunia olahraga,”tuturnya.

Sementara itu Asisten Deputi Pendidikan Pembudayaan Olahaga pada Kemenpora RI Dr. Soekarno, MM, dalam arahannya, mengatakan, sejak dari dulu Maluku ini sangat dikenal dengan sebutan “mutiara hitam”, sebagai gudangnya olahraga dari seluruh Indonesia.

‘’Jadi Maluku mesti terus berbenah diri agar julukan tersebut terus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Maluku. Dan walaupun Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku ini baru tiga bulan dibentuk, namun mesti giat kerja demi kemajuan olahraga, sehingga sebutan mutiara hitam tetap dapat dipertahankan,’’ ingatnya.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai 25 sampai selesai 27 Mei 2015 diikuti guru guru SD-SMA sebanyak 50 orang. Narasumber yang membawakan materi berasal dari Universitas Surabaya dan Universitas Pattimura Ambon. (PRO1)

Most Popular

To Top