Pemkot Dorong Siswa Miskin Kuliah di UII – Ambon Ekspres
Amboina

Pemkot Dorong Siswa Miskin Kuliah di UII

AMBON, AE.—Pemkot Ambon berencana tahun ini merekrut siswa miskin berprestasi tingkat SMA se-derajat untuk melanjutkan studi di perguruan  tinggi  Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Belum dipastikan berapa jumlah siswa direkrut, namun pastinya  ada  kerjasama  dengan  Rektor UII dan jajarannya seusai  mengunjungi  Pemkot Ambon  dalam rangka  mensosialisasikan  penerimaan  siswa baru tahun  ajaran  2015-2016  di kampus swasta  terkemuka itu.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Ambon MAS Latuconsina kepada wartawan di Balai Kota Ambon,  Rabu  (27/5).
Dikatakan, dirinya mengapresiasi kepedulian kampus UII Yogyakarta terhadap Ambon. “Kita akan dorong, sebab  ini  peluang bagi  generasi  untuk  membangun Maluku khususnya Kota Ambon,’’ terang dia.

Menurut dia, Pemkot Ambon akan menyediakan beasiswa prestasi  bagi  siswa miskin. Hal  ini perlu didorong  karena  perhatian  kampus  swasta berakreditas A itu cukup tinggi terhadap daerah ini.

“Kami tertarik,  sebab  banyak  siswa  miskin di Indonesia  diterima kuliah di kampus UII namun anak Ambon jarang  karena  kurang diperhatikan. Tahun ini pemkot akan mengirimkan siswa miskin berprestasi  dengan akomodasi  beasiswa   untuk  belajar dan kembali membangun Kota Ambon,” kata dia.

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta,  Dr Ir Harsoyo mengatakan, pihaknya menyiapkan Rp 9  miliar  kepada  mahasiswa  miskin atau kurang  mampu agar mendapatkan beasiswa selama  menuntut ilmu di kampus itu.  “Selain  fasilitas  kampus, ada juga  pasantren tempat tinggal mahasiswa berkategori miskin. Tujuannya  adalah  untuk  pembinaan agama,” ungkapnya.

Menurut  dia, Ambon kota unik dan bersih tentu harus diimbangi dengan kualitas pendidikan yang mendukung. ‘’Kampus  UII Yogyakarta  baru-baru  ini  mengkukuhkan  6  ribu  wisudawan  termasuk  mahasiswa  fakultas  kedokteran  meraih  indeks prestasi kumulatif (IPK)  terbaik  berasal dari  Ambon.

Kami berterimakasi mahasiswa Ambon bisa mengharumkan nama kampus dengan predikat lulusan  terbaik di fakultas kedokteran,” katanya.

Harsoyo menandaskan, bukan saja mahasiswa muslim yang kuliah di  UII. Namun mahasiswa non muslim  juga diberi kesempatan menuntut  ilmu di perguruan tinggi itu. ‘’Semua kita lakukan sesuai visi dan misi Rahmatan Lil Alamin untuk  mencerdaskan generasi  bangsa,’’ pungkas dia. (AID)

Most Popular

To Top