Pengunjung Perpustakaan Unpatti Membludak – Ambon Ekspres
GMGM

Pengunjung Perpustakaan Unpatti Membludak

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon terus berbenah untuk memperbaiki pelayanan, baik dari segi fasilitas maupun penambahan koleksi bacaan. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi jumlah pengunjung perpustakaan yang tiap harinya berkisar seribu lebih. Demikian ungkap Kepala UPT Perpustakaan Unpatti, Ny. L. Picauly, Selasa (26/5).

Menurut dia, data 2014 lalu, jumlah pengunjung perpustakaan Unpatti Ambon mencapai 1.385 pengunjung per hari, per-tahun-nya mencapai 215.627 pengunjung. Sedangkan jumlah peminjaman buku, katanya, per hari mencapai 800 buku, per-tahun mencapai 67.087 buku.

Tentu saja, katanya, jumlah tersebut mengalami peningkatan pada 2015 ini.  “Pada 2014 lalu, Januari hingga Desember, rata-rata kunjungan mahasiswa per hari mencapai 800 pengunjung. Tapi kalau sekarang jumlahnya lebih banyak lagi,” kata Picauly.

Untuk itu pembenahan perpustakaan harus terus dilakukan, katanya, baik fasilitas dan sarana membaca bagi pengunjung maupun penambahan koleksi materi bacaan.

Untuk sarana dan fasilitas membaca, Perpustakaan Unpatti memiliki beberapa ruangan membaca yang terdapat pada lantai satu dan lantai dua dengan berbagai perlengkapannya.

Selain itu, perpustakaan juga menyediakan sekitar 18 unit computer yang bisa digunakan mahasiswa untuk mengakses sejumlah referensi melalui internet. “Kami akan terus membenahi sarana dan fasilitas membaca kami, agar pengunjung dapat membaca dengan tenang dan santai. Itu dilakukan untuk menarik mahasiswa lebih sering mengunjungi perpustakaan,” terangnya.

Sedangkan dari segi materi bacaan, setiap tahunnya ada penambahan jumlah koleksi buku. Jumlah koleksi buku perpustakaan tersebut pada 2014 mencapai 23.894 eksempelar dengan 8.790 judul buku.

Jumlah tersebut terdiri dari buku teks sebanyak 22.890 eksempelar dengan 7.860 judul, buku referensi sebanyak 892 eksempelar dengan 840 judul, buku fiksi sebanyak 112 eksempelar dengan 90 judul. ”Ini tahun ini ada penambahan lagi,” katanya.

Jumlah koleksi tersebut juga diperkaya dengan materi bacaan dari majalah, media, bulletin,jurnal, statistic dan warta sebanyak 1.776 eksempelar dengan 342 judul.

Tesis, Makalah dan Laporan Penelitian, katanya, berjumlah 1.088 eksempelar dengan 1.088 judul. Skripsi berjumlah 12.529 eksempelar. “Kami akan terus berupaya menambah koleksi buku kami atau materi bacaan lainnya. Hal itu dilakukan agar pengunjung dapat tidak bosa dengan materi bacaan yang ada, karena mereka selalu disuguhkan dengan materi bacaan baru dan terkini,” pungasnya.(ADI)

Most Popular

To Top