Rajin-rajinlah Cek Tekanan Darah, Maka Akan Dijauhi Hipertensi – Ambon Ekspres
Kesehatan

Rajin-rajinlah Cek Tekanan Darah, Maka Akan Dijauhi Hipertensi

Ada banyak pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Salah satunya yang dianggap paling penting adalah rajin melakukan pemeriksaan tekanan darah.

“Masalah utama hipertensi adalah tidak ada gejala,” kata Ekowati Rahajeng, Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dalam media briefing di Kantor Kemenkes, Rabu (27/5/2015).
Tanpa ada gejala, menurut Ekowati hipertensi sering tidak terdeteksi.

Data menunjukkan, sepertiga kasus hipertensi tidak terdiagnosis dan oleh karenanya tidak mendapat penanganan yang tepat.

Dengan pemeriksaan rutin, hipertensi bisa dengan cepat terdeteksi. Intervensi bisa segera dilakukan, mulai dari pengobatan hingga modifikasi pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan.

“Yang paling signifikan adalah cek secara rutin. Dengan begitu dia (pasien) akan aware, mengurangi garam dan sebagainya,” lanjut Ekowati.

Penelitian eksperimental yang dilakukan Pusat Kajian Ekonomi dan Kewbijakan Kesehatan Universitas Indonesia (PKEKK-UI) bersama Novartis juga menunjukkan pentingnya cek tekanan darah secara rutin.

Dalam penelitian yang dilakukan di Bogor Jawa Barat tersebut, kelompok pasien yang mendapat intervensi maupun yang tidak mendapat intervensi sama-sama mengalami penurunan tekanan darah dalam 6 bulan pengamatan.

“Hanya dengan periksa rutin saja tekanan darahnya turun. Apalagi kalau diberi pengetahuan,” kata Prof Hasbullah Thabrany, MPH, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. (up/vit)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!