SMAN 11 Optimis Juarai Debat Bahasa Inggris – Ambon Ekspres
Pendidikan

SMAN 11 Optimis Juarai Debat Bahasa Inggris

Kepala Sekolah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Ambon Halil Wattiheluw mengaku, optimis siswa SMAN 11 juarai lomba debat Bahasa Inggris pada tingkat nasional yang akan berlangsung pada tanggal 7 hingga 13 Juni nanti.

“Saya optimis para siswa akan mengharumkan nama Maluku pada lomba debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional yang berlangsung di Kota Ambon,’’ katanya kepada Ambon Ekspres, Rabu (27/5) di Balai Kota Ambon.

Dia menjelaskan, terpilihnya siswa SMAN 11 Ambon mewakili Provinsi Maluku pada lomba debat Bahasa Inggris, karena pada lomba debat pada tingkat Kota Ambon siswa SMAN 11 dan SMA Siwalima bertanding melawan seluruh SMA di Maluku, dimana pada babak penyisihan SMAN 11 mengalahkan, SMAN 1 MTB dan SMAN 1 SBB.

Sebelumnya SMAN 11 juga mengalahkan SMA 1 Masohi dan masuk babak berikut setelah mengalahkan SMA Siwalima.

“Kami telah mempersiapkan para siswa sedini mungkin sebelum mengikuti lomba debat, karena ada program estrakulikuler di sekolah yang diperuntukan kepada siswa-siswi untuk bersaing dalam meningkatkan bakat yang mereka miliki diantaranya debat Bahasa Inggris, debat Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia dan kegiatan Paskibaraka,’’ terangnya.

Dari perlombaan itu kata dia, dewan juri menentukan SMAN 11 Ambon layak mewakili Provinsi Maluku, karena penilaian yang dilakukan sangat ketat tanpa adanya KKN. Karenanya selaku kepsek pihaknya sangat bangga dengan prestasi yang dimiliki siswa-siswa yang ada di si sekolah.

“Prestasi yang diraih para siswa SMAN 11 Ambon atas hasil belajar keras sehingga berhasil mewakili Kota Ambon pada tingkat Provinsi Maluku,’’ ujarnya.

Dia mangaku, pemilihan siswa untuk ikut dalam setiap lomba oleh pihak sekolah dinilai secara transparan, tidak memandang level saat berkompetensi, karenanya dalam proses pembinaan sekolah melaksanakan seleksi secara ketat  pada tingkat sekolah, dimana dalam seleksi menghasilkan tiga rekomendasi dari regu dengan level A, B dan C.

“Apabila regu dengan level A tidak lolos masih ada level B dan C yang akan kita bina untuk mencari siswa terbaik,’’ ucapnya.

Ditambahkan, pihaknya juga melaksanakan pekan olahraga kepada 43 siswa SMAN 11 Ambon untuk mencari siswa-siswi berbakat dalam lomba debat Bahasa Inggris tingkat sekolah dan 6 siswa berhasil meraih nilai terbaik dalam lomba debat Bahas Inggris tanpa teks.

“Semakin ketat rekrutmen menggunakan penilaian yang bertandar menghasilkan siswa berstandar. Kita harus lakukan penilaian pembinaan dievaluasi, karena siswa SMAN 11 Ambon profesional dari pengalaman, bahan materi dan kemampuan serta kompetensi, makanya tidak mustahil SMAN 11 salah satu regu yang diperhitungkan pada tingkat nasional,’’ ungkapnya.(PRO2)

Most Popular

To Top