Sulitnya Parpol Menentukan Kandidat – Ambon Ekspres
Trending

Sulitnya Parpol Menentukan Kandidat

AMBON,AE— Sejumlah partai politik belum juga menentukan sikap politik soal siapa bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung pada Pilkada, medio Desember 2015 mendatang. Hingga kemarin baru Gerindra, PKB, dan PKPI memutuskan balon di Seram Bagian Timur, MBD, dan Aru. Sementara, parpol lainya seperti PDIP, Demokrat, dan Hanura memastikan rekomendasi diputuskan, medio Juni 2015 nanti.

Gerindra telah mengusung, Mukti Keliobas-Fachry Alkatiry sebagai balon Bupati dan Wakil Bupati SBT. Gerindra juga telah merekomendasikan Godlief Gainau dan Daniel Derek sebagai balon Bupati dan Wakil Bupati Aru. PKB juga resmi mengusung Siti Umariah Suruwaky-Syarifudin Goo sebagai balon Bupati dan Wakil Bupati SBT. Sementara PKPI lebih dulu mengeluarkan rekomendasi untuk Barnabas Orno-Benyamin Noach sebagai balon Bupati dan Wakil Bupati MBD.

Mantan Wakil Ketua Umum DPP Demokrat, Max Sopacua mengaku, pihaknya belum menggelar rapat menentukan siapa balon yang diusung di Pilkada SBT, MBD, dan Aru. “Belum. Kita belum rapat. Belum ada hasil survey yang masuk. Kita masih kumpul (hasil survey). Jadi di SBT itu baru kemarin DPD Demokrat Maluku mengajukan Mukti Keliobas dan ibu Siti Umariah (balon Bupati SBT). Kita pilih prioritas kader. Bisa saja kader jadi wakil dari mereka (Mukti atau Siti),” kata Sopacua ketika dihubungi kemarin.

Sementara rekomendasi untuk Pilkada MBD dan Aru, Sopacua mengaku, dari dua kabupaten itu hanya Niko Kilikily-Jhon Frans paling berpeluang diusung Demokrat. Aru belum masuk. Mungkin diputus sama-sama. Nanti deklarasi tergantung mereka sendiri yang atur. Saya pastikan hadir,” terangnya.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Maluku, Thobyhend Sahureka mengaku, pihaknya juga belum mengeluarkan rekomendasi kepada para balon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada SBT,Aru, dan MBD. Dia hanya memastikan para balon yang berproses di PDIP memiliki peluang yang sama. “Pertengahan Juni baru ada rekomendasi. Semua balon yang telah mengikuti fit and proper test memiliki peluang yang sama,” ingatnya.

Meski begitu, dia mengaku, hasil survey untuk mengukur elektabilitas para balon juga menjadi acuan DPP PDIP memutuskan siapa yang diusung. Dia hanya mengaku,  incumbent di MBD dan Bursel yang dipastikan diusung partai pimpinan Megawati Soekarno Putri itu. “Nah, kalau MBD dan Bursel sudah tentu incumbent diprioritaskan. Hanya saja, wakil pendamping incumbent belum dipastikan. Namun, arahan DPP mengarah ke kader yang mendampingin incumbent,” jelasnya.

Sekretaris DPD Hanura Maluku, Temi Oersipunny mengaku, pihaknya belum juga memutuskan balon Bupati dan Wakil Bupati MBD, Aru, dan SBT. “Kita sampai sekarang  belum tahu siapa yang diusung di MBD, SBT dan Aru. Kita serahkan ke DPP memutuskan. Tapi sampai sekarang belum ada kabar dari DPP. Jadi kalau ada informasi rekomendasi sudah diberikan kepada kandidat tertentu tidak benar. Mungkin Juni sudah ada putusan,” kata Temy.

Meski belum ada rekomendasi, Wakil ketua Komisi D DPRD Maluku itu memastikan balon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung Hanura dipastikan menang. “Tentu figur yang diusung selain memiliki kapasitas, integritas juga memiliki basis masa. Kita optimis 4 kabupaten yang akan menggelar Pilkada medio Desember 2015 mendatang, figur yang diusung menang,” terangnya.(JOS)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!