15 Siswa Ambon Ikut Program Belajar di Jepang – Ambon Ekspres
Pendidikan

15 Siswa Ambon Ikut Program Belajar di Jepang

Sebanyak 15 siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah kejuruan (SMK) di Ambon berhasil meraih program belajar di Jepang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Beny Kainama mengatakan, ada 90 lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mendaftar namun, 63 siswa yang mengikuti seleksi.

Dari seleksi itu, 15 siswa dinyatakan lolos untuk mengikuti program belajar di Jepang. “Siswa yang lolos seleksi 13 orang dari SMA dan 3 dari SMK,’’ katanya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (28/5).

Dia mengatakan, sosialisasi telah dilakukan bersama orang tua, dimana dalam pertemuan itu para siswa yang lulus dalam hasil seleksi ini mendapat keringanan dari Pemkot Ambon, namun hal ini harus dikoordinasikan bersama dewan kota.

“Berdasarkan hasil pertemuan antara wali kota dan orang tua, mereka meminta agar anggaran keberangkatan ditanggung Pemkot Ambon, namun kita masih tunggu persetujuan bersama dewan kota,’’ akuinya.

Dijelaskan, para siswa yang lolos ke Jepang akan melakukan akses belajar sambil bekerja, karena hal ini bagian dari kerjasama antara Pemkot dan Jepang serta Ikatan Pelajaran Mahasiswa dan Alumni Indonesia–Jepang.

Karena lanjut dia, Pemkot Ambon bersama Hamamatsu telah melakukan sosialisasi program belajar dan bekerja di Jepang.“Sebelumnya Hamamatsu pernah melakukan sosialisasi program belajar sambil kerja di Ambon,’’ terangnya.

Dia mengakui, para lulusan ini akan mengikuti program belajar pada bulan Oktober 2015 nanti, namun sebelum berangkat para siswa akan mengikuti kursus Bahasa Jepang.

“Para siswa ini akan mengikuti kursus Bahasa Jepang sebelum berangkat ke Jepang agar saat mereka  berada di Jepang mereka dapat berbahasa Jepang tanpa ada rasa takut dengan kondisi yang ada,’’ akuinya. (PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!