Pemadaman Bergilir Masih 2 Hari Lagi – Ambon Ekspres
Trending

Pemadaman Bergilir Masih 2 Hari Lagi

AMBON,AE— Kerusakan pada beberapa mesin pembangkit listrik sistim Ambon yang mengakibatkan pemadaman lampu secara bergilir, memaksa PLN harus bekerja cepat melakukan langkah perbaikan. Dikabarkan, pihak PLN akan memakai mesin sewa milik pihak ke tiga, sebagai solusi mengatasi devisit daya akibat kerusakan mesin.

“Sebelumnya kami meminta maaf kepada masyarakat Kota Ambon atas ketidak nyamanan ini, karena  mesin kami mengalami devisit,” ungkap Manager PT PLN Area Ambon, Muhammad Ikhlas Fatah, kepada wartawan kemarin (28/5). Dikatakan kerusakan pada mesin pembangkit kali ini diluar perkiraan, dimana kerusakan terjadi saat proses pemeliharaan mesin, jelang bulan puasa.

“Jadi sebenarnya kelistrikan sistim Ambon surplus (lebih) 5 sampai 6 Mega watt (Mw), tetapi menghadapi kemungkinan melonjaknya pemakaian pada bulan puasa nanti, maka kami melakukan pemeliharaan terhadap mesin yang ada, tetapi di luar dugaan saat pemeliharan itu, beberapa mesin mengalami kerusakan sehingga terjadinya devisit daya, hingga 5 Mw,” jelasnya.

Saat ini, tambah Fatah, PLN sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk menutupi kebutuhan listrik, dengan menyewa sepuluh mesin pembangkit denga kapasitas 10 Mw. ”Untuk mesin yang rusak sedang dilakukan perbaikan dan pemeliharaan, sementara untuk mengatasi devisit kita sudah menyewa sepuluh mesin pembangkit dari PT Prima Yudha Megatama, yang sudah berada di PLTD Poka,” kata Fatah.

Olehnya itu, lanjut Fatah, terhitung dua hari kedepan sistim kelistrikan Ambon kembali stabil bahkan surplus.” Ini sudah pasti dua hari lagi sudah tidak ada masalah lagi, karena sekarang mesin sewa tersebut sudah masuk finac cek, tinggal pemasangan untuk dioperasikan ke sistim,” tandasnya. Lebih lanjut Ikhlas meminta kepada masyarakat untuk bersabar hingga sistim kelistrikan kembali normal.

“Sekali lagi kami meminta masyarakat dapat memahami keadaan ini, karena pemadaman masih dilakukan terlebih pada beban puncak di jam 6 dampai jam 9,” terangnya.

Meski demikian, kata Fatah, pemadaman yang dilakukan tidak lebih dari dua jam. ”Pemadaman dilakukan untuk pemeliharaan mesin, paling lambat itu dua jam,” pungkasnya.
(ARI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!