RSUD Banda Masih Minim Fasilitas – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

RSUD Banda Masih Minim Fasilitas

MASOHI, AE.—Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banda, Tamrin mengaku masih kekurangan dokter spesialis karena itu warga yang membutuhkan perawatan terpaksa harus dirujuk ke RSU yang memiliki fasilitas lengkap dan dokter spesialis seperti Ambon, Masohi hingga Tual Maluku Tenggara.

Minimnya fasilitas serta tenaga dokter spesialis tersebut belum mampu menjawab tingginya kebutuhan masyarakat memperoleh pelayanan. Itupun belum termasuk pelayanan masyarakat di pulau-pulau sekitar seperti Pulau Hatta, Pulau Run, Pulau Ai dan Banda Besar.

“Kalau ada pelayanan dari IDI dengan dokter ahli bisa menjawab kebutuhan masyarakat, jadi kegiatan IDI di Banda sangat membantu masyarakat,” ujarnya di Banda, Kamis, (28/5).

RSUD Banda katanya hanya memiliki dua tenaga dokter yakni dokter umum dan dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT). Diungkapkan, Banda sebagai daerah wisata terkadang tidak saja melayani warga setempat malainkan para tamu baik dalam negeri maupun turis. “Karena itu kita butuh dokter spesialis sebab pasien bukan saja warga disini tapi juga turis lokal dan asing,” ungkap dia.

Demikian pula dengan fasilitas perlu ditingkatkan dimana Banda terdiri dari tujuh pulau dan semuanya berpenghuni. Nah, kebutuhan akan kesehatan sangat penting. “Kekurangan ini yang cukup kami rasakan di sini karena tidak bisa mencakup dan memenuhi semua kebutuhan kesehatan,” tutupnya. (ANC)

Most Popular

To Top