Sekolah Siapkan Kegiatan Porseni – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Sekolah Siapkan Kegiatan Porseni

Disela-sela pelaksanaan ulangan kenaikan kelas, sejumlah sekolah di Kota Namlea, Kabupaten Buru juga mempersiapkan kegiatan Pekan Olahraga dan Kesenian (Porseni). Kegiatan ini digelar biasanya usai kegiatan tes atau ulangan kenaikan kelas.

Beberapa guru yang ditemui di SD Negeri 2 Namlea, mengaku, sekolah mereka sudah menyiapkan agenda kegiatan Porseni tersebut. Kegiatannya akan digelar usai pelaksanàan ulangan kenaikan kelas.

Dalam kegiatan ini akan melibatkan seluruh siswa. Perlombaan biasanya dilakukan hanya di internal sekolah saja, dan pertadingan dilakukan secara beregu atau antar kelas. “Pelaksanaan kegiatan Porseni ini merupakan program rutin sekolah yang dilaksanakan setiap tahun,” ujar salah satu.

Sementara itu, informasi yang berkembang, persiapan kegiatan Porseni bukan hanya ditingkat SD, tapi di tingkat SMP dan SMA/SMK juga melakukan kegiatan yang sama.

Di SMA Negeri 2 Namlea misalnya, saat ini mulai mempersiapkan segala sesuatu terkait kelancaran Porseni, diantaranya membersikahkan lapangan sepak bola, bola voly, bola basket, bulutangkis, dan beberapa cabang olahraga lainnya, panggung untuk pentas seni tari dan suara.

Dalam ivent tahunan sekolah itu, seluruh siswa dituntut menunjukan kreasi dan talenta dalam berolahraga. Selain menjadi penilaian pada pelajaran olahraga oleh guru, juga menjadi ajang seleksi dalam pencarian bakat-bakat olahraga dan seni oleh pemerintah daerah yang dipercayakan kepada pihak sekolah.

Karena itu,para siswa mengaku sangat menantikan kegiatan Porseni di sekolah. Banyak siswa yang ambil bagian dalam pentas ini. Kegiatan ini dijadikan siswa sebagai ajang pembuktian atas kemampuan yang dimiliki dibidang seni dan olahraga.

“Kesempatan ini merupakan ajang silahturahmi antara siswa dan siswa serta siswa dengan guru,” ujar Darman, salah satu siswa SMA Negeri 2.

Bahkan, kata dia, juga dimanfaatkan siswa untuk memperbaiki nilai olahraga jika saat tes tertulis tidak terlalu memuaskan. “Jadi otomatis, kegiatan Porseni merupakan salah satu kegiatan favorit untuk para siswa siswi di sekolah,” ujarnya. (CR8)

Most Popular

To Top