Usai Suara ‘Sangkakala’, Awan Misterius Muncul di Colorado – Ambon Ekspres
Coffe Break

Usai Suara ‘Sangkakala’, Awan Misterius Muncul di Colorado

Heboh suara sangkakala beberapa waktu lalu dianggap sebagian orang sebagai fenomena pertanda Hari Kiamat. Benarkah? Belum tuntas peristiwa tersebut, kini kembali muncul fenomena alam misterius. Warga Colorado, AS dikejutkan dengan penampakan awan misterius. Awan itu mempunyai bentuk yang bikin merinding, beberapa warga pengguna jalan berusaha mengabadikan gambarnya.

Foto awan itu paling jelas diposting oleh pengguna Reddit dengan akun @kechuppacket. “Dear Reddit, terima kasih untuk semua kenangan, aku mungkin akan diambil oleh alien atau disedot oleh tornado. Wish me luck,” ujarnya dalam caption foto awan itu. Tak ayal, foto itu menuai beragam komentar dari netizen lain.

Salah satu netter bernama MarkBC memberikan penjelasan dengan sudut pandang sains. Menurut Mark, awan tersebut adalah jenis awan Lenticular. Awan dengan nama lain Altocumulus lenticularis ini bisa terbentuk corong seperti lensa pada lapisan troposfer.

Di kebanyakan kasus, awan itu memiliki posisi tegak lurus dengan arah angin. Awan jenis ini bisa terbagi dalam beberapa jenis, yakni Altocumulus Standing Lenticularis (ACSL), Stratocumulus Standing Lenticular (SCSL), dan Cirrocumulus Standing Lenticular (CCSL).

Terkait bentuknya yang macam-macam dan misterius, banyak orang sering mengaitkannya dengan penampakan Unidentified Flying Object (UFO). Meski terlihat menakutkan, namun sebenarnya awan Lenticular tidak berbahaya sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Hanya saja, awan jenis ini paling dihindari oleh para pilot sebab bisa mengakibatkan turbulensi alias guncangan pada badan pesawat. (Is)

Most Popular

To Top