Ciptakan Lingkungan Mebaca Dengan Vandalisme – Ambon Ekspres
Pendidikan

Ciptakan Lingkungan Mebaca Dengan Vandalisme

Menciptakan generasi membaca bukanlah hal yang mudah di Maluku. Tapi hal tersebutharus diupayakan demi masa depan generasi muda Maluku yang lebih baik.

Untuk itu, kebiasaan membaca harus mulai dicanangkan dan dibudayakan sejak dini dikalangan generasi muda muda, seperti upaya yang dilakukan Koran Ambon Ekspres dan Pemerintah Provinsi Maluku melalui Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM).

Menurut Kepala UPT Perpustakaan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Ny. L. Picauly, GMGM sangat positif untuk menciptakan generasi membaca di Maluku. “Gerakan ini kan mengajak dan memotivasi masyarakat, khususnya siswa dan guru, untuk meningkatkan minat membaca membaca. Ini sangat positif, ini sebuah program pembelajaran,” terang Picauly.

Tapi sejauh ini, katanya, gerakan tersebut belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat secara merata, terutama masyarakat pedesaan yang jauh dari Kota Ambon. Sehingga masih perlu sosialisasi.

Selain itu, untuk menyukseskan GMGM di tengah masyarakat Maluku perlu di dukung dengan langkah nyata, berupa program yang kreatif, seperti lomba bertutur dan menulis di sekolah.

Sedangkan untuik lebih luas, kreativitas dapat dilakukan dengan menggelar lomba kampung membaca atau sebagainya. Misalnya, pada lomba tersebut setiap kampong bisa saja menuangkat kreasinya memotivasi masyarakat untuk membaca berupa vandalisme.

Bentuk vandalisme yang bisa dibuat, seperti “Buku adalah gerbang dunia, membaca adalah kuncinya” dan sebagainya.

“Setiap kampung bisa membuat stiker atau tulisan pada sudut jalan atau dinding dengan tulisan yang memotivasi masyarakat untuk membaca. ini kreativitas yang bisa dibuat,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk menciptakan generasi membaca di tengah masyarakat harus dimulai dari lingkungan terkecil atau basis keluarga. Karena orang tua yang suka membaca akan menularkan hal tersebut pada anak-anaknya.

“Kalau di dalam keluarga telah tertanam kebiasaan membaca, maka anak pun akan suka membaca. dan hal ini akan bertahan hingga anak dewasa,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top