SKB Berperan Tekan Buta Aksara – Ambon Ekspres
Pendidikan

SKB Berperan Tekan Buta Aksara

Kota Ambon masih memiliki masyarakat yang buta aksara. Bukan hanya di Kota Ambon, masyarakat buta aksara ada di hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Demikian ungkap Kepala UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ambon, David Batawi.

“Ketidakmampuan membaca dan menulis atau yang disebut buta aksara merupakan hal yang lumrah, karena terjadi di seluruh Indonesia. Di Kota Ambon sendiri masih ada warga yang dianggap buta aksara,” kata Batawi.

Untuk itu, terangnya, peran lembaga pendidikan informal, seperti SKB sangat penting untuk mengurangi tingkat masyarakat buta aksara dengan berbagai program.

Lanjutnya, SKB di Kota Ambon tidak hanya menyelenggarakan program Kejar Paket A, B, dan C, tapi juga melaksanakan program belajar membaca dan menulis bagi warga masyarakat yang buta aksara sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan program yang dilaksanakan SKB Kota Ambon tersebut, katanya, angka masyarakat buta huruf di Kota Ambon dapat terus ditekan untuk segala lapisan umur.

Dengan program tersebut, katanya, keberadaan dan peran SKB di tengah masyarakat sebagai lembaga pendidikan, tidak bisa dipandang sebelah mata. “Dengan program ini, kami akan terus menekan angka buta aksara di tengah masyarakat,” paparnya.

Menurut dia, kemampuan membaca, menulis dan berhitung merupakan modal masyarakat untuk dapat belajar secara mandiri guna membangun diri sendiri dan memperbaiki taraf kesejahteraannya menjadi lebih layak.

“Membaca merupakan salah satu kebutuhan yang perlu dipenuhi dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia yang ingin berkembang cepat dan maju, baik secara spiritual, intelektual, maupun fisik,” pungkasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!