GMGM Menarik dan Bagus! – Ambon Ekspres
GMGM

GMGM Menarik dan Bagus!

Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Dr. Cornelis Adolf Alyona, M.Th., menuturkan, Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) yang dimotori Harian Ambon Ekspres (Ameks), sangat menarik dan bagus.
‘’Karena dengan membaca kita akan tahu banyak hal yang baik dan buruk.

Dimana, ada orang yang membaca cepat dengan mata dan ada orang yang membaca untuk mengetahui informasi dan mendalami ilmu, jadi bukan sekedar membaca saja. Tanpa membaca, kita tidak bisa mengetahui dunia, hingga membaca itu sangat penting,” ujarnya, kepada koran ini dikampus UKIM usai usai mengikuti acara wisuda, Sabtu (30/5).

Dengan demikian, kata dia, gemar membaca ini perlu dilakukan dengan sebuah diskusi bagi mahasiswa di kampus, sebab dengan diskusi mahasiswa kita akan tajir dalam berfikir dan berani mengeluarkan pendapat serta argumentasi.

Selain itu juga mahasiswa harus menjadikan membaca ini sebagai sebuah semangat dan nilai-nilai spiritual, hingga mahasiswa bukan hanya asal ngomong saja, tetapi dia punya data dan itulah yang membedakan mahasiswa dan bukan mahasiswa untuk menguasai apa yang dibaca.

‘’Olehnya itu, dengan banyak membaca maka mahasiswa kita ditengah-tengah masyarakat dapat menyikapi berbagai persoalan sosial masyarakat seperti tawuran antar pelajar maupun mahasiswa berdasarkan keilmuannya,’’ kata dia.

Disamping itu, diharapkan, kepada pelajar dan mahasiswa agar rajin berkunjung ke perpustakaan guna untuk membaca, karena kita bisa tahu dunia tanpa batas itu melalui membaca, apalagi untuk menguasai bahasa asing maupun bahasa Indonesia itu karena gemar membaca.

“Saya kira, cara orang lebih tajam membaca itu karena banyak membaca dan cara yang paling cepat adalah membaca surat kabar (koran),” ungkapnya. (PRO1)

Most Popular

To Top