Latif Kharie Mengaku Tidak Mangkir – Ambon Ekspres
Metro Manise

Latif Kharie Mengaku Tidak Mangkir

Lisikoy : Tidak Ada Pemberitahuan

AMBON, AE— Dekan Fakultas Ekonomi non aktif Universitas Pattimura (Unpatti), Latif Kharie membantah dirinya mangkir dari persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Ambon, Jumat (29/5) terkait kasus dugaan penyalahgunaan dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Unpatti.

Kharie yang kini berstatus terdakwa dalam kasus ini melalui kuasa hukumnya Hendrik Lisikoy menyebutkan, ketidakhadirannya karena tidak ada informasi resmi dari panitera.

Kalau klien kami dipanggil tapi tidak hadir, itu baru namanya mangkir. Yang terjadi, kan tidak ada informasi resmi yang pasti,  sehingga klien kami tidak tahu pasti jadwal persidangan. Jadi perlu kami klarifikasi, bahwa klien kami tidak mangkir,” kata  Hendrik Lisikoy mengklarifikasi pemberitaan koran ini, Sabtu (30/5).

Dalam bulan Mei 2015, kata dia, sudah empat kali sidang dengan agenda tuntutan ditunda. Diantaranya, karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri Ambon belum menyiapkan tuntutan. Terakhir, dijadwalkan sidang pada hari Rabu (28/5). Namun kembali gagal, karena JPU belum siap. “Tiba-tiba, secara sepihak JPU memaksakan agar sidang pada hari Jumat. Dan itu tanpa pemberitahuan kepada kami selaku penasehat hukum, lalu bilang bahwa klien kami mangkir.  Ini yang kami sesalkan,” tandasnya.

Seharunsya, kata dia, jadwal persidangan ditentukan panitera, bukan JPU. Apalagi tanpa pemberitahuan kepada pihaknya sebagai penasehat hukum. Lisikoy mengungkapkan, sesuai informasi terakhir yang diterima pihaknya dari pengadilan,  sidang akan digelar pada awal pekan ini.

Sementara Latif Kharie yang dihubungi juga megaku tidak mendapat informasi resmi tentang persidangan pada Jumat (29/5). Sehingga, tidak benar bila dirinya disebut mangkir dari persidangan. Dikatakan, dirinya selalu hadir di PN Tipikor Ambon pada setiap jadwal persidangan atas kasus ini.

“Saya ini kooperatif karena menghargai proses hukum yang sedang berjalan, sehingga selalu datang di pengadilan pada setiap jadwal sidang, walaupun ditunda. Jadi kalau dibilang saya mangkir, atas dasar apa. Saya tidak dipanggil, koq dibilang mangkir,” tegasnya.

Sekedar ingat, sebelumnya diberitakan koran ini, Sabtu (30/5) bahwa Latief Kharie dan Charolina Hahuri, tidak menghadiri sidang di PN Tipikor Ambon, Jumat (29/5). Sidang dengan agenda tuntutan tersebut batal karena kedua terdakwa  tidak hadir. (MAN)

Most Popular

To Top