Maroko jadi Sasaran SSB Maehanu Fc – Ambon Ekspres
Olahraga

Maroko jadi Sasaran SSB Maehanu Fc

Angio : Final Nasional Diikuti 16 Tim

AMBON, AE.—Putaran final Aqua Danone Nations Cup (DNC) Tahun 2015  tingkat nasional segera diputar.Untuk Prakualifikasi tingkat kabupaten/kota dan provinsi sudah bergulir Februari hingga Maret lalu.SSB Maehanu keluar sebagai kampiun.

Kini, pasukan binaan Ahmad Marasabessy itu akan terbang ke Jakarta untuk melakoni babak final DNC di Kuningan, Jakarta, 6 Juni mendatang.Demikian dipaparkan Penanggung Jawab Piala Danone 2015 Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Hamid Angio kepada Ambon Ekspres di Ambon, akhir pekan kemarin.

Babak final nasional nanti, lanjut Angio,  akan diikuti 16 tim yang berhasil menjuarai babak kualifikasi di tingkat regional.’’ Apabila SSB Maehanu berhasil menjuarai final nasional, maka secara otomatis akan menjadi wakil Indonesia di final dunia DNC yang akan berlangsung di Maroko, September nanti,’’ jelasnya.

Pada gelaran ke-11 ini, Angio mengklaim bahwa jumlah peserta meningkat 35 persen, menjadi 4.895 tim dengan 68.350 anak.Hal ini tidak terlepas dari masuknya Maluku Utara dan Maluku menjadi salah satu tuan rumah babak kualifikasi tingkat regional.’’ Melalui Danone Nations Cup, anak-anak Indonesia diajarkan nilai-nilai universal, seperti keterbukaan dan sikap fair play. Mencapai prestasi adalah sebuah hal yang penting. Tapi, yang lebih penting adalah sportivitas,’’ katanya.

Angio menegaskan, tahun ini, pihak penyelenggara menerapkan aturan yang ketat bagi setiap klub atau SSB yang ambil bagian dalam turnamen khusus usia 11-12 tahun tersebut.’’ Artinya, penyelenggara tidak memberi toleransi sedikit pun terhadap kecurangan, terutama soal pencurian umur.Jika ada tim yang terbukti melakukan pencurian umur, maka langsung didiskualifikasi dan diberi sanksi,’’ tegasnya.

Difinal nanti, kata dia, SSB Maehanu akan berjibaku melawan tim dari beberapa provinsi, seperti Cileungsi United, Tunas Praja Depok, Fortuna A, Prahara A hingga Permata Curug.’’ Yang pasti, final ini akan menentukan tim mana yang dapat mewujudkan mimpi untuk mewakili Indonesia di Final Dunia 2015 di Maroko,’’ katanya.

Angio menambahakan, Maluku dan Maluku Utara menjadi salah satu wilayah potensial lahirnya pemain sepakbola nasional muda berbakat. Hal ini dapat dilihat dari tingginya antusiasme dan bertambahnya jumlah peserta tiap tahunnya serta didukung oleh kualitas permainan yang ditampilkan peserta.’’ Semoga SSB Maehanu bisa menjadi wakil Indonesia di kejuaraan dunia nanti,’’ harapnya menutup perbincangan.

Dibagian lain, Pelatih SSB Maehanu, Ahmad Marasabessy memberi apresiasi yang sangat besar pada pihak penyelenggara yang telah menggelar kegiatan ini selama 11 tahun.’’ Ini sumbangan yang luar biasa pada perkembangan sepakbola nasional.

Dengan event ini, anak-anak Maluku bisa berkiprah di pentas nasional,’’ katanya.
Olehnya itu, kata Marasabessy, tim pelatih SSB Maehanu siap berbuat maksimal demi merebut tiket menuju Maroko.’’ Memang cukup sulit.Namun dengan kerja keras tim, semuanya akan menjadi mudah,’’ ucapnya.

’’ Anak asuhnya dalam kondisi siap tempur dan Insya Allah mereka akan bertolak ke Jakarta, 3 Juni nanti.Harapan besar saya ada pada 11 pemain yang akan diangkut ke sana (Jakarta),’’ lanjutnya.

Selain itu, tambah Marasabessy, festival akbar ini juga merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai disiplin secara konsisten dan melatih sejak dini kepada generasi muda untuk bermain secara terbuka serta sportif dalam mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia menjadi pemain sepakbola profesional.’’ Saya harap kegiatan ini bisa berjalan secara rutin,’’ tutup Marasabessy.(ZAL)

Most Popular

To Top